KONSEP PENGELOLAAN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Windo Sriwanto Mahasiswa
  • M. Nasron HK UIN Fatmawati Soekarno
  • Yubi Juliadi
Keywords: Pengelolaan Desain, Lingkungan, PAUD

Abstract

Suasana atau lingkungan belajar yang kondusif akan berpengaruh pada proses belajar mengajar anak
cenderung mendorong anak untuk belajar dengan tenang dan berkonsentrasi. Metode penelitian ini
menggunakan literatur dengan mencari referensi teori relevan dengan kasus dan permasalahan yang
ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Konsep pengelolaan lingkungan pendidikan
PAUD; Lingkungan yang mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen; memanipulasi
benda dan alat main secara bermakna baik dalam kegiatan indoor atau outdoor.(2) Optimalisasi
pemanfaatan lingkungan PAUD seperti lingkungan belajar indoor dalam penataan di dalam ruangan
harus mem-perhatikan kebebasan anak bergerak dan lingkungan belajar outdoor ruang luar
merupakan lingkungan belajar yang sangat menyenangkan bagi anak. Di ruang luar anak lebih bebas
bergerak karena seharusnya ruang luar memfasilitasi perkembangan motorik kasar anak.

 

References

Muhibbin Syah. 2006. Islamic English : A Competency-based Reading Comprehension,

Cetakan Ke-2. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munif, Chatib. 2012. Orangtuanya Manusia Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan

Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa, PT Mizan Pustaka.

Novan. Ardy, Wiyan. 2017. Manajemen PAUD berdaya saing. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rachman, Maman. 1997. Manajemen Kelas . Semarang: UPP Muara Bulian FKIP Universitas

Jambi.

Rita, Mariyana. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Rajawalipress.

Syaiful Bahri Djamara dan Aswan Zain. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Suyadi. 2010. Management PAUD (TPA.KB.TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan

Mengembangkan Pendidikan AUD. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Published
2024-04-03