Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Suasana atau lingkungan belajar yang kondusif akan berpengaruh pada proses belajar mengajar anak cenderung mendorong anak untuk belajar dengan tenang dan berkonsentrasi. Metode penelitian ini menggunakan literatur dengan mencari referensi teori relevan dengan kasus dan permasalahan yang ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Konsep pengelolaan lingkungan pendidikan PAUD; Lingkungan yang mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen; memanipulasi benda dan alat main secara bermakna baik dalam kegiatan indoor atau outdoor.(2) Optimalisasi pemanfaatan lingkungan PAUD seperti lingkungan belajar indoor dalam penataan di dalam ruangan harus mem-perhatikan kebebasan anak bergerak dan lingkungan belajar outdoor ruang luar merupakan lingkungan belajar yang sangat menyenangkan bagi anak. Di ruang luar anak lebih bebas bergerak karena seharusnya ruang luar memfasilitasi perkembangan motorik kasar anak.
References
Muhibbin Syah. 2006. Islamic English : A Competency-based Reading Comprehension, Cetakan Ke-2. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munif, Chatib. 2012. Orangtuanya Manusia Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa, PT Mizan Pustaka.
Novan. Ardy, Wiyan. 2017. Manajemen PAUD berdaya saing. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Rachman, Maman. 1997. Manajemen Kelas . Semarang: UPP Muara Bulian FKIP Universitas Jambi.
Rita, Mariyana. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Rajawalipress.
Syaiful Bahri Djamara dan Aswan Zain. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi. 2010. Management PAUD (TPA.KB.TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan AUD. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A, & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 1(2) : 175-184. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28
Julianto, A. dkk. (2023). Manajemen Pendidikan TK Al-Amin Keban Agung Kedurang Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. Vol 3(2). Hal 163-171. Retrieved from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/110
Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89
Copyright (c) 2024 Windo sriwanto Windo, M. Nasron HK, Yubi Juliadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.