Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program yang terdiri dari aspek context, input, process, dan product program ekstrakurikuller baca Al-Qur’an di SMPN 03 Bengkulu Selatan. Penelitian evaluasi program ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu aspek context dikatakan baik, karena program sudah sesuai dengan kebutuhan di SMPN 03 Bengkulu Selatan dan sumber daya sudah mendukung program, tujuan program sudah sesuai dengan kebutuhan di SMPN 03 Bengkulu Selatan. Aspek input dikatakan baik, karena program ekstrakurikuler telah memiliki kriteria yang ditentuka meliputi kompetensi yang dimiliki pembina program sudah sesuai dengan bidangnya, sarana dan prasarana untuk menunjang program sudah disediakan, siswa yang mengikuti program berjumlah 43 peserta dari kelas IX Tahun Ajaran 2019/2020, perencanaan sudah dilakukan sekolah dan anggaran dana disesuaikan dengan kebutuhan program. Aspek process dikatakan cukup baik, karena kegiatan program telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pengelola dan pelaksana program sudah mampu menjalankan program sesuai dengan perencanaan dan melaksanakan tugas dan fungsinya, sarana dan prasarana sudah cukup baik namun masih perlu ditingkatkan, hambatan yang dialami dari segi kurangnya waktu dan jumlah pembina program, dalam pelaksanaan program. Aspek product kurang baik, karena tujuan belum tercapai secara maksimal, terlihat dari jumlah siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler kelas IX Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 43 peserta yang berhasil bisa membaca Al-Quran hanya 11 peserta.
References
Amirin, dkk. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Ananda, R. & Rafida, T. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Arifin, Z. 2010. Model-Model Evaluasi Program. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Bazrafshan, A. dkk. 2015. A Practical Framework for Evaluating Health Services Management Educational Program: The Application of The Mixed-Method Sequential Explanatory Design. Journal Research and Development Medical in Education 4(1): 47-54. Retrieved from https://rdme.tbzmed.ac.ir/Article/RDME_2421_20141116232436.
Combs, P. H. & Ahmed, M. 1985. Memerangi Kemiskinan Di Pedesaan Melalui Pendidikan Nonformal. Jakarta: Rajawali.
Departemen Agama RI. 2015. Panduan Kegiatan Ekstrakurukuler Pendiidkan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Fasih, R. A. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Islam dalam Tinjauan Al-Qur’andan Al-Hadist. Jurnal Studi Pendidikan 14(1): 1-11. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1077024&val=16226&title=DASAR-DASAR%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20DALAM%20TINJAUANAL-QURAN%20DAN%20AL-%20HADIST.
Human, As’ad. 2000. Cara Cepat Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Balai Litbang.
Isnan, J. 2016. Evaluasi Program Ekstrakulikuler Jurnalistik Menggunakan Model Context, Input, Process dan Product (CIPP) pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati. Skripsi. FKIP, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/24005/1/1102410018.pdf.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan 1(1): 24-44. Retrieved from http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kJo56TWFb_MJ:ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473/+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d
Oemar Hamalik. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Prabowo, M. 2019. Hambatan Pelaksanaan Program Pendidikan Jarak Jauh Mahasiswa S-1 PGSD FIP UNY. Yogyakarta: UNY Press.
Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidkan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama
Stufflebeam L. D. & Shinkfield, J. A. 1986. Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Stufflebeam, L.D., George, M., & Kellaghan, T. 2002. Evaluation Models Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation Second Edition. New York: Kluwer Academic Publishers. Retrieved from https://www.springer.com/la/book/9780792378846.
Sudjana. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.
Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model Standar, Aplikasi, dan Profesi (Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks). Jakarta: Rajawali Pers. Retrieved from http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5244.
Zhang, G. dkk. 2011. Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive to Guide the Planing, Implementation, and Assessment of Service-learning Program. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4): 57-83. Retrieved from http://openjournals.libs.uga.edu/indext.php/jheoe/article/view/628/482.
Copyright (c) 2021 Alfin Julianto Alfin, Anisa Fitriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.