Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN 30 Bengkulu Selatan
Abstract
Keberhasilan pembelajaran dapat dioptimalkan dengan melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 6 SDN 30 Bengkulu Selatan melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Adapun jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran.berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 6 SDN 30 Bengkulu Selatan pada materi bangun ruang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa presentase Tuntas Belajar Klasikal (TBK) siswa dari 47,82% atau belum tuntas di siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 95,65% atau tuntas di siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan di tiap siklus yaitu belum tuntas di siklus I dan meningkat menjadi tuntas di siklus II.
References
Aprima, D., & Sari, S. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1), 95-101.
Bayumi, Chaniago, E., Fauzie, Elias, G., Hapozoh, & Ahmad, Z. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish.
Direktorat Sekolah Dasar. 2021, April 02. Profil Pelajar Pancasila Mandiri. Retrieved from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/profil-pelajar-pancasila-mandiri
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. 2022. Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022, 11177-11182.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., . . . Suprapno. 2002. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Kusuma, O. D., & Luthfah, S. 2022. Bahan Ajar Pendidikan Program Guru Penggerak. Paket Modul 2: Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. Modul 2.1 “Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid". Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Manggalastawa. 2023. Analisis Pembelajaran yang Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 34-40 .
Morgan, H. 2014. Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 87:1, 34-48.
Sudiara, I. K. 2022. Penerapan Penggunaan LKS Berstruktur dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pda Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga. Jurnal Inovasi Vol 8 No 9 Bulan Agustus 2022 E-ISSN : 2721-1037, 21-25.
Suwartiningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) p-ISSN: 2797-2879, e-ISSN: 2797-2860 Volume 1, nomor 2, 2021, 80-94.
Syarifuddin, & Nurmi. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA Volume 2, nomor 2, 2022, 93-102.
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. 2023. Implementasi Asessmen Diagnostic untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 241-250.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A, & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 1(2) : 175-184. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28
Julianto, A. dkk. (2023). Manajemen Pendidikan TK Al-Amin Keban Agung Kedurang Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. Vol 3(2). Hal 163-171. Retrieved from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/110
Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89
Copyright (c) 2023 Joni Ariso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.