Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Memahami Materi Descriptive Text Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Quiz Team
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Memahami Materi Descriptive Text di kelas VII.2 MTs Negeri 2 Kota Palembang Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2022-2023 melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Quiz Team. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 Semester 1 (Ganjil) MTs Negeri 2 Kota palembang tahun pelajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Dalam pengumpulan data dilakukan tes, yang mana tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal latihan yang digunakan untuk mengukur pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran Bahasa Inggris. Tes disusun dalam bentuk esay dengan lima soal, setiap soal diberi skor sesuai dengan kunci jawaban. Setiap jawaban benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0. Hasil tes diolah dengan mengambil nilai akhir yang didapatkan peserta didik dan dihitung pula pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian yang dilakukan adalah tindakan kelas, hasil yang diperoleh berasal dari pengamatan dan analisis deskriptif setelah penerapan metode quiz team yang dilanjutkan dengan refleksi dan evaluasi peserta didik pada akhir siklus. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah penerapan metode quiz team pada pembelajaran memahami descriptive text di kelas VII.2 MTs Negeri 2 Kota Palembang semester 1 (Ganjil) tahun pelajaran 2022-2023. Penerapan metode quiz team pada peserta didik kelas VII.2 MTs Negeri 2 Kota Palembang semester 1 (Ganjil) tahun pelajaran 2022-2023 yang dilakukan selama ini dengan segala keunggulan dan keterbatasannya telah mampu mengatasi masalah kurangnya keaktifan belajar peserta didik dan memenuhi tujuan pembelajaran. Dengan demikian maka peneliti menyimpulkan bahwa metode quiz team dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran memahami descriptive text di kelas VII.2 MTs Negeri 2 Kota Palembang semester 1(Ganjil) tahun pelajaran 2022-2023.
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Lie, Anita. 2002. Cooperqative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, Depdiknas 2005.
Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor”. Dalam jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Moh. Nasir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:BPFE-
Yogyakarta.
Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
P. Joko Subagyo, Metodologi Penelitian Dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rizkiyana, Mei. 2013. “Penerapan Metode Quiz Team Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan pada Siswa Kelas X AP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2012/2013”Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Santoso, Leonita. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Silbermen, Mel. 2005. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS.
Slamet, Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS.
Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Sugandi, Achmad. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-5. Bandung : CV Alfabeta.
Tarigan, H.G. 1993. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A, & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 1(2) : 175-184. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28
Julianto, A. dkk. (2023). Manajemen Pendidikan TK Al-Amin Keban Agung Kedurang Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. Vol 3(2). Hal 163-171. Retrieved from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/110
Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89
Copyright (c) 2023 nelly andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.