STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBE;AJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka membawa tantangan tersendiri bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang memiliki orientasi kuat pada keterampilan vokasional. Penelitian ini menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Kota Cirebon. Khususnya pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru PAI memiliki strtaegi serta pendekatan yang beragam dan telah sesuai dengan ketentuan kemendikbud serta sekolah juga mengadakan MGMP unutk menyusun modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran melibatkan beragam metode yang bervariatif berbasis konteks vokasional dan pemanfaatan beragam media digitial. Evaluasi dilakukan secara komprehensif melalui asesmen formatif dan sumatif, mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.guru PAI juga selalu melakukan evaluasi atau refleksi terhadap penggunaan metode serta media yang telah digunakan. Strategi yang diterapkan tersebut telah mencerminkan prinsip diferensiasi dan pembelajaran berpusat pada siswa. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar juga membawa pengaruh positif, yaitu adanya peningkatan minat belajar pada siswa.
Kata kunci: Strategi Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
Copyright (c) 2025 Firna Nur Ilahisabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.