Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK di SDN 85 Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian yang akan kami lakukan ini mempunyai tujuan untuk mendalami dan menganalisis pemanfaatan barang bekas sebagai media peningkatan kreativitas pada mata pelajaran SBK di SDN 85 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Penelitian ini digunakan untuk menggambarkan pada upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan siswa dengan memanfaatkan barang bekas SDN 85 Bengkulu Selatan, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara. Di lingkungan SD Negeri 85 Bengkulu Selatan khusunya pada kelas 3 mata pelajaran seni budaya telah mempelajari tentang pemanfaatan bebrapa jenis barang bekas yang bisa di olah menjadi barang yang menarik. siswa diajarakan bahwa karya seni mencangkup beberapa asfek diantaranya seni rupa yang dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa melalui kegiatan belajar dengan menggunakan barang bekas sebagai media pembuatan hasil karya. Penugasan pemanfaatan barang bekas ini diharapkan pula akan menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa terhadap sampah yang sudah tidak terpakai lagi kemudian bisa diolah menjadi barang yang yang bernilai dan bermanfaat.keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hasil yang sifatnya baru, inovatif, belum ada sebelumnya, menarik, aneh dan berguna bagi masyarakat. Selain sebagai penugasan, membuat hiasan pot bunga dari botol bekas bisa difungsikan untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Terkait dengan pembelajaran ini, guru terlebih dahulu memberi arahan pada siswa dalam pembuatan karya seni dari barang bekas bekas. Guru menjelaskan beberapa jenis barang berkas yang dapat digunakan. Penugasan ini bisa langsung diselesaikan dikelas dengan bantuan bimbingan dari guru yang bersa. Di samping bertujuan untuk menumbuhkan kedekatan antara guru dan siswa maupun temannya.
References
Abdul Hamid. 2017. Guru Profesional, Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam 2(03).
Riana Cepy. 2012 .Media Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kemenerian Agama Republik Indonesia.
Sri Hardiningsih hanafi, Sujarwo ”Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK kota Bima”, jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Vol.2 No.2 November 2015,Hal. 215-225.
Malasari, “pemanfaatan barang bekas untuk menunjang kreativitas siswa materi keterampilan pada masa pandemic covid-19 di kelas IV sekolah Dasar”,(skripsi S1 Fakultas keguruan dan ilmu pendididikan, Universitas Jambi, 2021), Hal.1
Copyright (c) 2025 Rensi Rensi, Nengsi Oktari, Desmi Engga Sari, Ahmad Demo, Yeni Meylani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.