http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/issue/feed Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2025-10-14T12:38:20+07:00 STIT Al-Quraniyah Manna journalalaffan@stit-alquraniyah.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan</span></span> invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education and Learning Strategy as well as the examination of contemporary issues in the field Education.</p> http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/410 EKSISTENSI AL-QUR’AN DAN HADIS SERTA HUBUNGAN FUNGSIONAL ANTARA KEDUANYA 2025-10-01T21:48:09+07:00 Hendra Hermawan 240605220007@student.uin-malang.ac.id Mochamad Imamudin imamudin@ti.uin-malang.ac.id <p>Makalah ini mengkaji eksistensi Al-Qur’an dan Hadis serta hubungan fungsional yang terjalin di antara keduanya sebagai dua sumber utama ajaran Islam. Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi yang menjadi pedoman utama kehidupan umat Islam, sementara Hadis adalah penjelasan otoritatif terhadap kandungan Al-Qur’an yang disampaikan melalui sabda, tindakan, dan ketetapan Nabi Muhammad ﷺ. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Hadis memperjelas makna, rincian hukum, dan implementasi praktis dari ajaran Al-Qur’an, sehingga keduanya saling melengkapi dalam membentuk bangunan keilmuan Islam. Dalam konteks sosial, spiritual, hukum, dan budaya, Al-Qur’an dan Hadis menjadi dasar normatif dan operasional yang mengarahkan umat Islam menuju kehidupan yang bermartabat dan berlandaskan wahyu. Kajian ini menggunakan pendekatan tematik untuk menguraikan posisi epistemologis dan aplikatif kedua sumber tersebut serta pentingnya integrasi antara keduanya dalam memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Hasil pembahasan menegaskan bahwa pemisahan antara Al-Qur’an dan Hadis akan mengakibatkan pemahaman Islam yang tidak utuh dan cenderung bias.</p> 2025-10-01T21:44:15+07:00 Copyright (c) 2025 Hendra Hermawan, Mochamad Imamudin http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/427 STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBE;AJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON 2025-10-01T22:00:49+07:00 Firna Nur Ilahisabila firnasabilah740@gmail.com <table> <tbody> <tr> <td> <p><em>Implementasi kurikulum merdeka membawa tantangan tersendiri bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang memiliki orientasi kuat pada keterampilan vokasional. Penelitian ini menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Kota Cirebon. Khususnya pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru PAI memiliki strtaegi serta pendekatan yang beragam dan telah sesuai dengan ketentuan kemendikbud serta sekolah juga mengadakan MGMP unutk menyusun modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran melibatkan beragam metode yang bervariatif berbasis konteks vokasional dan pemanfaatan beragam media digitial. Evaluasi dilakukan secara komprehensif melalui asesmen formatif dan sumatif, mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.guru PAI juga selalu melakukan evaluasi atau refleksi terhadap penggunaan metode serta media yang telah digunakan. Strategi yang diterapkan tersebut telah mencerminkan prinsip diferensiasi dan pembelajaran berpusat pada siswa. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar juga membawa pengaruh positif, yaitu adanya peningkatan minat belajar pada siswa</em>.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> Strategi Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam</em></p> 2025-10-01T22:00:49+07:00 Copyright (c) 2025 Firna Nur Ilahisabila http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/453 Program Tadarus Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an Siswa kelas V di SD Negeri 23 Bengkulu Selatan 2025-10-14T11:58:48+07:00 Aisyah Nur Herliyanti Aisyahmanna5@gmail.com Emy Herawati Aisyahmanna5@gmail.com Yeti Dewanti Aisyahmanna5@gmail.com <table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program tadarus Qur’an dalam &nbsp;meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas V di SD Negeri 23 Bengkulu &nbsp;Selatan dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam program &nbsp;tadarus Qur’an tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan &nbsp;metode studi kasus di SD Negri 23 Bengkulu Selatan. Data yang diperoleh dalam &nbsp;Penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan &nbsp;beberapa diantaranya adalah Kepala Sekolah dan Guru Agama pendidikan islam serta perwakilan siswa/siswi SD Negri 23 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian mengenai &nbsp;Program tadarus Qur’an di Negeri 23 Bengkulu Selatan yang terlihat dalam &nbsp;pelaksanaannya dapat dikatakan sebagai program yang sangat baik. Faktor &nbsp;pendukung pada program tadarus Qur’an ini diantaranya adalah fasilitas kegiatan &nbsp;yang memadai, motivasi dan perhatian guru, kemampuan siswa dalam membaca al Qur’an dan penerapan penerapan kurikulum kebiasaan program. Program ini telah&nbsp; dilaksanakan sejak tahun 2022 dan masih dilaksanakan sampai saat ini. Dengan &nbsp;adanya pembiasaan seperti ini di setiap awal pembelajaran pendidikan agama islam 5 &nbsp;menit sebelum jam pelajaran dimulai dengan begitu suasana di sekolah tercipta &nbsp;nuansa yang religius, semakin berdisiplin, setelah bertadarus al-Qur’an hati menjadi &nbsp;tenang, mudah dalam menghafal dan melantunkan ayat al-Qur’an, kemampuan &nbsp;membaca al-Qur’an dan beribadah siswa siswi SD Negeri 23 Bengkulu Selatan &nbsp;perlahan mengalami peningkatan dan siswa juga antusias dalam program tadarus al Qur’an ini. Selain faktor pendukung program tersebut Hal ini juga terdapat faktor &nbsp;penghambat diantaranya yaitu, siswa yang kurang menghargai waktu dan kurang &nbsp;pengawasan lebih. Selain itu program pembiasaan al-Qur'an adalah termasuk salah &nbsp;satu program Kurikulum Kebiasaan. itu salah suatu bentuk pelatihan siswa dalam &nbsp;penanaman nilai-nilai ajaran agama islam.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-10-14T11:58:48+07:00 Copyright (c) 2025 Aisyah Nur Herliyanti, Emy Herawati, Yeti Dewanti http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/428 UPAYA MEMILIH TEKNOLOGI YANG TEPAT UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2025-10-14T12:38:20+07:00 Nashoihid Diniyah nashoihiddiniyah@gmail.com Mar’atus Sholikhah sholikah248@gmail.com Zaini Fasya zainifasya045@gmail.com Agus Purwodidodo widodopurwo74@gmail.com <table> <tbody> <tr> <td> <p><em>Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kriteria dalam memilih teknologi, jenis-jenis teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran, kelebihan dan kekurangan media website, serta urgensi teknologi dalam mendukung proses pembelajaran yang berkualitas Latar belakang&nbsp; kajian ini adalah adanya kebutuhan untuk memilih media teknologi yang tepat dalam mendukung pembelajarean PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah seperti buku, jurnal, regulasi pendidikan, dan dokumen yang relevan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kriteria dalam memilih teknologi untuk pengembangan media pembelajaran antara lain yaitu, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, kemudahan penggunaan dan penguasaan teknologi oleh guru, ketersediaan dan kesesuaian sarana dan prasarana, biaya dan efisiensi penggunaan, mutu teknis dan kualitas media, fleksibilitas dan ketahanan media, praktis dan luwes dalam pemanfaatan, kompatibilitas dengan sistem pembelajaran. Jenis-jenis teknologi dalam pengembangan media pembelajaran antara lain Multimedia Interaktif, Digital Video dan Animasi, Podcast, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Game Based Learning (GBL), Media Audio, Visual, dan Audio Visual Tradisional, Aplikasi Pembelajaran dan Website Pembelajaran Online Artificial Intelligence (AI), Simulasi dan Webinar, Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kolaborasi Online. Kelebihan media website dalam pengembangan media pembelajaran yaitu aksesibilitas yang mudah dan fleksibel, mendukung pembelajaran mandiri, menyediakan beragam materi dan evaluasi, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, kemudahan pembaruan konten, mendorong kemandirian dan aktivitas belajar. sedangkan kekurangannya berkurangnya interaksi langsung, ketergantungan pada koneksi internet, variasi pemahaman peserta didik, minimnya pengawasan dan disiplin belajar, proses pengembangan yang memakan waktu, keterbatasan materi dan pengujian, kesulitan bagi siswa dengan kemampuan teknologi rendah. Urgensi teknologi dalam pengembangan media pembelajaran yaitu meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran, mendorong keterlibatan dan motivasi siswa, menjawab tantangan pendidikan di era digital, mendukung pembelajaran fleksibel dan aksesibilitas, meningkatkan inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran, dan mengurangi kesenjangan akses pendidikan</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> Teknologi, Media, Pembelajaran</em></p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nashoihid Diniyah, Mar’atus Sholikhah, Zaini Fasya, Agus Purwodidodo