Brain Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Abstract
Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. . Penelitian ini didasari oleh pembelajaran yang tidak memberikan peluang kepada siswa untuk berpikir secara luwes dalam memanfaatkan fungsi otak secara optimal yang secara umum lebih menekankan pada fungsi otak kiri.Penelitian ini bertujuan utuk menjelaskan metode Brain Based Learning pada pembelajaran bahasa Arab dalam membantu optimalisasi cara kerja otak untuk berpikir secara alamiah sehingga mampu meningkatkan potensi siswaterutama dalam keterampilan berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka(library research).Adapun sumber primer dari penelitian ini adalah buku “Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences”. Sedangkan sumber sekunder berasal dari buku-buku, dan jurnal terkait pokok permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dari beberapa buku, artikel dan jurnalyang selanjutnya diolah dan dianalisis kemudian diambil kesimpulan.Hasil dari penelitian ini diharapakan dapat membantu pengajar bahasa arab mengajar secara alamiah dengan metode Brain Based Learning yang inovatif-variatif sehingga mampu mengoptimalkan potensi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khusnya pada keterampilan berbicara.
References
Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imam Makruf. 2009.Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Jakarta: Needs Press
Jensen Eric. 2009. Brain Based Leaerning: Pembelajaran berbasis Kemempuan Otak, Cara baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Karima, K. I. (2019). Penerapan Metode Edutainment Melalui Permainan Simak-Ulang-Ucap Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 2(1), 58-68.
Lestari, N. K. A., Made Sumantri, M. P., & Mahadewi, L. P. P. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SEKOLAH DASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Marlina, L. (2016). Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(02), 211-226.
Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodelogi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva press.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 tentang kurikulum madrasah 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam dan bahasa Arab
Riyanti, Asih. 2020.Teori Belajar Bahasa, Magelang: Tidar Media.
Ruliansyah,Afib ,dkk. 2017. Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy
Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 125-148.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana,
Syamsiyah, D. (2016). Arah Baru Belajar Bahasa Arab di Perguruan Tinggi. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2).
Wekke, Ismail Suardi. 2018. Pembelajarn Bahasa Arab di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.
Yusuf, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Otak Kanan. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 147-160.
Yusuf, Y. P. (2017). Strategi Brain Based Learning dalam Pengajaran Bahasa Jepang di MAN Mojokerto. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1).
Copyright (c) 2022 Ruhamauliyah Meiliyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.