Upaya Peningkatan Akhlak Melalui Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 30 Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya peningkatan akhlak yang diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap anak sekolah dasar, untuk mengetahui efektivitas strategi yang digunakan dalam pembinaan akhlak dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan dan penerapan strategi di Sekolah Dasar Negeri 30 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah studi literatur yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku, arsip, majalah, artikel dan jurnal serta dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemajuan dan modernisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sangat berpengaruh terhadap pertahanan akhlak dan moral bangsa indonesia. Hal ini disebabkan dengan cepatnya informasi dan komunikasi yang menyebar dalam setiap lini kehidupan. Sehingga memudahkan bagi peserta didik mengakses setiap informasi pada setiap belahan dunia diantaranya dunia pendidikan. Selain dunia pendidikan mereka juga dapat dengan mudah mencari informasi baik yang bersifat positif dan membangun maupun bersifat negatif yang merusak. Perkembangan di dalam dunia pendidikan juga mengalami dampak yang signifikan. Dampak dan pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah. Pembelajaran seharusnya memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga pembelajaran yang diselenggarakan dapat menghasilkan makna dan manfaat untuk anak didik mematangkan pola pikir.
References
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran,. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Daradjat, Zakiah. dkk, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. VI; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
---------------. dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22.
Lexy J. Moleong. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Karya. Bandung.
Nani Sugandahi dan SyamsuYusuf. Perkembangan Peserta Didik. Raja Wali Pers. Jakarta.
Popi Sopiyanti, Sahrani, Sohari. 2011. Pisikologi Belajar Perspektif Islam. Ghilia Indonesia. Bogor.
Puspita, Rini. 2013. Psikologi Pendidikan. LP2 STAIN Curup. Curup.
Rahmat. ‚Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Pendidikan Lingkungan Hidup.‛ Kependidikan Islam 2, no. 1 (Juli 2014): 23–43.
Ramayulis. 2002. Pisikologi Agama. Kalam Mulia. Jakarta.
Sadulloh, Uyoh, dkk. 2001. Pedagogik. Alfabeta CV. Bandung. 2010. Pedagogik. Alfabeta. Jakarta.
Sarnubi, Sukarman. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Lp2 STAIN Curup. Curup.
Sugiyono. 2014. Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Sujiono, Y.N., (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Sukriyani. Pemanfaatan Video Animasi Berbasis Android Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Makassar: Pendidikan Agama Islam UIN Alauddin Makassar, 2021.
Yuniarti, Wenty Dwi. Simulasi dan Pemodelan Fisika. Semarang: Pendidikan Fisika Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2007.
Yusefri. 2011. Telaah Tematik Hadits Tarbawi. LP2 STAIN Curup. Dusun Curup.
Copyright (c) 2022 riolandi akbar, Boby Hendro Wardono, Rizki Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.