Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris anak Menggunakan Possible Sentence (PS) Strategy

  • Wiwit Akriani STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Nur Atikah
Keywords: Kosa Kata, Possible Sentence (PS) Strategy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan Pencapaian Kosakata Siswa Melalui Strategi Kalimat yang Mungkin (PS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V 37 Kaur Tahun Ajaran 2020/2021). Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kaur tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kosakata, observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada siswa. Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi Possible Sentence (PS) dapat meningkatkan tes Kosa kata siswa pada siswa kelas VII SMPN 6 Kaur Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai tes yang dilakukan siswa dan perkembangan perilaku siswa di kelas. Nilai rata-rata siswa pada tes prapenilaian adalah (61) yang termasuk dalam kategori “Sedang”; dan nilai rata-rata tes siklus III adalah (76,86) yang termasuk dalam kategori “Baik”. Kemudian perilaku siswa dalam belajar bahasa Inggris juga meningkat. Siswa terlihat diam, serius, dan ceria dalam proses belajar mengajar, sangat menikmati kelas, berpartisipasi dengan baik dalam kelompok belajar. Artinya siswa memiliki interaksi yang baik dengan guru dan siswa lain di dalam kelas. Selain itu motivasi belajar siswa semakin baik.

References

Arikunto, S.et. Al. (2008). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksa.

Amalia, N. ( 2018). meningkatkan penguasaan vocabulary siswa menggunakan self-collection strategy. file:///C:/Users/User/Downloads/jearmanager,+11.+Nurlaila+Amalia+172-179-1.pdf.

Buehl, D. (2009). Third Education: classroom Action Research for English Language Teachers. Cambridge: CUP.

Burn, A . (1999). Collaborative action Research for English Language Teachers. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Elfrieda H. H & Michael K.L (2005). Teaching and Learning Vocabulary, Bringing Research to Practice. London : Lawrence Erlbaum Associates.

Hall J. Eugen. (1993). Grammar for Use. Jakarta: Bina Rupa Aksa.

Holidazia,R & Rodliyah, R.S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. https://pdfs.semanticscholar.org/c4e9/607f059461328f2619e7f5d74ebb3bc0ad99.pdf.

Heaton, J.B. (1990). Classroom Testing. New York: Longman Inc

Jack R. C & Willy A. R. (2002). Methodology in Languages Teacings. New York: Cambridge University Press.

Julianto, A., Siregar, N.S, & Suryani, A.I. (2022). Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrived from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/67

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). Action Research Planner. Victoria: Daeken University Press

Moore, D. W, & Moore, S.A.(1986. Possible Sentence. In Reading in the Content Areas: Improving Classroom Instruction. Dubugue, 1A: Kendall/Hunt

Mulyasa, E. (2009). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2003). Melaksanakan PTK (Penelitian tindak Kelas) itu Mudah. Jakarat: PT.Bumi Aksara.

Siregar, N. & Liliani, E. (2019). Hegemoni Pada Cerpen Wajah Itu Membayang Di Piring Bubur Karya Indra Tranggono: Analisis Wacana Kritis. Jurnal Lingua 16(1) : 77-92. Retrieved from https://lingua.soloclcs.org/index.php/lingua/article/view/576

Suryaningsih & Ruliq. (2014). The 61 TEFLIN International Conference. UNS:Solo.

Yetti M & Yelliza. (2013).Enriching Students Vocabulary by Combining Vocabulary Self-Collection Strategy and Possible Sentence Strategy In Teaching Reading at Junior High School. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/182807

Published
2022-09-29