Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahasa Indonesia sebagai Kebijakan Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak perubahan kurikulum terhadap buku paket Bahasa Indonesia serta memberikan solusi atas dampak yang ditimbulkan sebagai suatu kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif: (1) mendorong siswa berpikir kritis dan proaktif (2) mempermudah guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sedangkan dampak negatif yang muncul: (1) membuat guru mengacu sepenuhnya pada buku paket, (2) substansi buku paket siswa dan buku pegangan guru tidak relevan, (3) buku paket yang disediakan pemerintah terintegrasi pada mata pelajaran IPA yang memuat istilah ilmiah sehingga kesulitan memahami teks yang tersedia, (4) isi buku paket siswa yang sulit, (5) beban belajar meningkat, (6) buku paket siswa menyajikan bentuk teks yang sulit berdampak pada menurunnya kemampuan membaca siswa, dan (7) penyediaan buku paket yang wajib digunakan oleh semua siswa mendapatkan kesenjangan hasil pembelajaran. Solusi dari dampak negatif yang muncul atas buku paket siswa yaitu: (1) buku paket dari pemerintah bukan satu-satunya sumber wajib belajar, (2) menggali informasi dari berbagai sumber dan referensi, (3) buku pengayaan, (4) tanggung jawab dan ketekunan, (5) teks yang harus sesuai konteks, (6) persiapan yang matang, dan (7) kreatif.
References
Bakhtiyar, “Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional terhadap Eksistensi Perpustakaan dalam Kajian Perspektif Sosio Kultural,” INOVASI 18 (1), 27-36 (2016).
Bell, Les & Stevenson, Howard, “Education Policy: Process, Themes and Impact,” Routledge. 2006.
Creswell, JW, “Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches,” SAGE Publicaton, Inc. Thousand Oaks, 1994.
Hamalik, Oemar. “Kurikulum dan Pembelajaran,” Sinar Grafika. 2008.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Laily, Devi Nur., “Efektivitas Penggunaan Buku Siswa Kurikulum 2013 dan Buku Paket Bahasa Indonesia BSE dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Satu SD Negeri Sumberjo Kabupaten Kediri. NOSI 4 (2), 71-80 (2016).
Machali, Imam., “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas,” Jurnal Pendidikan Islam 3 (1), 71-91 (2014).
Muslich, M., “KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,” Bumi Aksara, 2016.
Passmore, Rachel., “The impact of curriculum change on the teaching and learning of time series,” thesis, Libraries and Learning Services Te Tunu Herenga, The University of AUCKLAND New Zaeland, 2016.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar akademik dan Kompetensi Konselor, http//www.bnspindonesia.org/document.php?id=44 Retrieved 19 Juli, 2022.
Siregar, Nelda Sari & Novia Ismi Safadila., “Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru bagi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah di SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan,” Jurnal Pendidikan Islam Affan 2 (1), 34-42 (2021).
Siregar, Nelda Sari & Else Liliani., “Hegemoni pada Cerpen Wajah Itu Membayang yang di Piring Bubur Karya Indra Tranggono: Analisis Wacana Kritis,”LINGUA 16 (1), 77-92 (2019).
Schaik, Bas Van., “Indonesia’s Education Policy: Enabling Innovation and Growth,” M.S. thesis, Departement of Innovation Systems Faculty of Technology, Policy and Management Delft, University of Technology Jaffalaan, Delft, The Netherland, 2009.
Copyright (c) 2022 Nelda Sari Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.