Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa

  • Nur Atikah STIT Al-Quraniyah Manna
  • wiwit akriani STIT Al-Quraniyah
  • Dodi Isran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu
Keywords: Flipped Classroom, Konsep Matematika

Abstract

Pembelajaran secara daring memiliki keterbatasan yaitu keterbatasan fasilitas yang dimiliki mahasiswa, kurangnya motivasi mahasiswa belajar matematika, mahasiswa yang diluar kota mengalami kendala pada jaringan internet serta rendahnya ekonomi orang tua mahasiswa juga menjadi keterbatasan dari pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh metode pembelajaran Flipped Classroom terhadap pemahaman konsep matematika. Metode penelitianyang digunakan yaitu kuantitatif dengan disain  quasi eksperimental design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester IA STIT Al-Quraniyah Manna. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 83,33% penerapan metode Flipped Classroom dalam mata kuliah matematika II dapat dinyatakan berhasil membuat mahasiswa aktif selama proses perkuliahan.Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika mahasiswa antara sebelum menggunakan Flipped Classroom dan setelah menggunakan Flipped Classroom yaitu sebesar 9,42%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Flipped Classroom terhadap pemahaman konsep matematika mahasiwa STIT AL-Quraniyah Manna.

References

Afrilia, D. (2021). Strategi Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd. Jurnal Aksioma, 9(1), 215–224. https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/126

Alyahya, D., & Alotaibi, A. (2019). Computational thinking skills and its impact on TIMSS achievement: An Instructional Design Approach. Issues and Trends in Educational Technology, 7(1), 3–19. https://doi.org/10.2458/azu_itet_v7i1_alyahya

Atikah, N., Karjiyati, V., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN di Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 25–32.

Atikah, N., M. Marlina, & Desyandri. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Peran Orang Tua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2052–2062.

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 2(February). https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking Education In The Age Of Technology : The Digital Revolution and The Schools. The Digital Revolution and the Schools, 1–10.

Gistituati, N., & Atikah, N. (2022). E-Module Based on RME Approach in Improving the Mathematical Communication Skills of Elementary Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 106–115.

Hatanti, U., Holisin, I., & Suprapti, E. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 12–23. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.121

Hayati, R. (2018). Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Kajian Teoritis. Prosididng Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1996), 496–502.

Julianto, A. (2019). Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 14–22. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2019). Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma. Journal of Education Technology, 2(4), 197. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Nurfadillah, L., Cecep, A. H., Firdos, S., & Novaliyosi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Wilangan, X(X), 215–225.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sari, N., Dewi, K. O., Vera, & Daliani, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.6

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1404

Widyasari, S. F., Masykur, R., & Sugiharta, I. (2021). Flipped Classroom : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171

Winarni, E.W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif PTK R&D. Jakarta:Bumi Aksara.

Published
2022-09-26