Pengaruh Model Problem Based Laerning Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Pada Siswa

  • Lenni Astuti STIT Q Manna Bengkulu Selatan
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar Afektif; Siswa

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  model  pembelajaran  Problem Based Learning (PBL)   terhadap  hasil  belajar ranah afektif  pada siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif  untuk  mengukur  signifikansi  pengaruh  variabel  X  dan  Y.  Instrumen  dalam  penelitian  ini  angket  afektif. Instrumen sebelumnya telah melalui tahap validasi ahli dan uji coba lapangan di kelas  VC  SDN  107 Seluma.  Dalam  penelitian  ini,   Kelas  V  A  dijadikan  kelas  eksperimen  dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Hasil data dianalisis dengan menggunakan perhitungan  statistik  dengan  menggunakan  uji  t-test  untuk  menenukan  keputusan  hipotesis  hasil  penenlitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Model  pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) memiliki  pengaruh  terhadap hasil belajar ranah afektif pada siswa dengan nilai t  hitung > t tabel yakni 8,36 > 2,00.

 

Kata kunci:   Problem Based Learning; Hasil Belajar Afektif; Siswa

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ipmawati. 2017. Penerapan PBL dalam Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardiana. 2016.Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar nasional. Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaraya

Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Yogyajarta: Parama Ilmu.

Ni Wayan, Dkk. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek , Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Universitas Pendidikan Ganesha. P-ISSN2303-288X,E-ISSN2541-7207.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Seminar Nasional, IPS dan Pembelajarannya. Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahab, Jufri.2017. hasil pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winarni, Endang W. 2011.Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP Unib Press.

Winataputra, Udin S. 2012. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Tanggerng Selatan :15418

Published
2022-09-30