Pengaruh Model Problem Based Laerning Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar ranah afektif pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur signifikansi pengaruh variabel X dan Y. Instrumen dalam penelitian ini angket afektif. Instrumen sebelumnya telah melalui tahap validasi ahli dan uji coba lapangan di kelas VC SDN 107 Seluma. Dalam penelitian ini, Kelas V A dijadikan kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Hasil data dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik dengan menggunakan uji t-test untuk menenukan keputusan hipotesis hasil penenlitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ranah afektif pada siswa dengan nilai t hitung > t tabel yakni 8,36 > 2,00.
Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar Afektif; Siswa
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ipmawati. 2017. Penerapan PBL dalam Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mardiana. 2016.Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar nasional. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaraya
Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Yogyajarta: Parama Ilmu.
Ni Wayan, Dkk. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek , Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Universitas Pendidikan Ganesha. P-ISSN2303-288X,E-ISSN2541-7207.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Seminar Nasional, IPS dan Pembelajarannya. Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wahab, Jufri.2017. hasil pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Winarni, Endang W. 2011.Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP Unib Press.
Winataputra, Udin S. 2012. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Tanggerng Selatan :15418
Copyright (c) 2022 Lenni Astuti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.