Kelembagaan Pendidikan Islam Sebelum Madrasah di Timur Tengah dan Indonesia

  • Arif Muzayin Shofwan Shofwan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Kelembagaan, Pendidikan Islam, dan Madrasah

Abstract

Seiring berjalannya waktu, kelembagaan pendidikan Islam semakin maju sesuai jaman masing-masing. Baik kelembagaan Islam di Timur Tengah maupun Indonesia terus saja melakukan pembenahan-pembenahan. Penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan ini akan mengupas tentang kelembagaan pendidikan Islam sebelum madrasah di Timur Tengah dan Indonesia. Teknik analisa datanya menggunakan content analisis dengan memilah-milah data yang sesuai dengan tujuan dan masalah yang diteliti. Tulisan ini menemukan beberapa hal berikut. Pertama, beberapa kelembagaan pendidikan Islam sebelum madrasah di Timur Tengah, antara lain: maktab, sekolah istana, sekolah kedai buku, shuffah, halaqah, khan, ribath, rumah sakit, took-toko buku, perpustakaan, masjid, majelis atau salon kesusatraan. Kedua, beberapa kelembagaan pendidikan Islam sebelum madrasah di Indonesia, antara lain: surau atau langgar, meunasah, dayah atau pesantren. Ketiga, kedua kelembagaan pendidikan Islam di Timur Tengah maupun Indonesia tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memajukan Islam sesuai dengan jaman masing-masing.

 

References

Abdurrahman Saleh, dkk,. 1984/1985. Penyelenggaraan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren. Jakarta: Proyek Pembinaan Bantuan Kependidikan Pondok Pesantren, 1984/1985 Ditjen Bimbaga Islam Departemen Agama RI.

Alamsyah, Yosep Aspat. 2005. “Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Saljuk (447-656 H/1055-1258 M); Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam”, dalam Suwito dan Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Dobbin, Cristine. 1992. Kebangkitan Islam Dalam Ekonomi Petani Yang Sedang Berubah: Sumatera Tengah 1784-1847. terj.Lilian D.Tedjasukandhana. Jakarta: INIS.

Fadjar, Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

Hamid, Abu. 1983. Sistem Pendidikan Madrasahdan Pesantren di Sulawesi Selatan. Jakarta: Rajawali.

Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1): 183.

Hurgronje, C. Snouck. 1996. ,Aceh: Rakyat dan Adat Istiadat. Jakarta: INIS.

Idris, Safwan. 1995.“Pendidikan di Aceh”, dalam Badruzzaman Ismail, dkk., (ed.),Perkembangan Pendidikan di Daerah Istimewa Aceh. Banda Aceh: Majelis Pendidikan Daerah.

Langgulung, Hasan. 2003. Pendidikan Islam dalam Abad ke 21. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.

Layly. 2017. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.” Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 11(2): 285–308.

Maksum. 1999. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana.

Muhtifah, Lailial. 2005. “Konsep Dasar Pendidikan Multikultural di Institusi Pendidikan Islam Zaman Al-Makmun (813-833 M)”, dalam Suwito dan Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nizar, Syamsul.2011. Sejarah Pendidikan Islam, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Pernada Media Group.

Pardi, M. Habib Husnial. 2005. “Eksistensi Madrasah Awal (Pada Abad IX-XI M)”, dalam Suwito dan Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.

Ridlo,A.,Ali,N.,&Khamid,A.2020.”Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh.Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja)". Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan1(1):1-18.

Shofwan, Arif Muzayin. 2020. Studi Sosio-Historis Tradisi Keilmuan dan Karakteristik Pendidikan Islam di Dusun Sekardangan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 5, No. 4, November 2020.

Sutiah dkk,. 2008. Manajemen Pendidikan, Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Pernada Media Group.

Syalabi, Ahmad. 1954. History of Muslim Education. Beirut: Dar Al-Kasyaf.

Usman. 2005. “Institusi Pendidikan Islam pada Masa Harun Ar-Rasyid”, dalam Suwito dan Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender Dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289.

Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indoonesia

Published
2022-09-30