Konsep dan Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah dalam UU Sisdiknas 2003
Abstract
Abstrak. Kurikulum menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Kurikulum yang berkaitan langsung dengan rencana dan pelaksanaan pendidikan baik dalam lingkup kelas, sekolah, daerah, wilayah maupun nasional tentunya mengemban kedudukan yang sangat sentral dalam menentukan proses pendidikan. Pendidikan agama Islam merupakan upaya yang terencana untuk menyiapkan peserta didik ke arah yang lebih baik untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Oleh karena itu, adanya kurikulum PAI menjadi inti jalannya proses pembelajaran yang direncanakan sebelumnya, sehingga perlu adanya perbaikan terus- menerus untuk menempatkan posisi kurikulum tersebut sesuai jenjangnya.
References
A, Saepudin, dkk, Gemar Belajar Matematika Untuk Siswa SD/MI Kelas V, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, (2009).
Ahmad, M. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia, (1998).
Buna’i, Perencanaan Pembelajaran PAI. Surabaya: Pena Salsabila, (2013).
Hamdan, Pengembangan dan Pembinaan Kurikulum (Teori dan Praktek Kurikulum PAI). Bandung: Pustaka Setia, (2009).
Hamid, Hamdani, Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, (2012).
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A., Siregar, N.S., Suryani, A.I. Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=8ZDU5LYAAAAJ&citation_for_view=8ZDU5LYAAAAJ:Se3iqnhoufwC
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi, Bandung: Refika Aditama, (2010).
Machali, Imam., “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas,” Jurnal Pendidikan Islam 3 (1), 71-91 (2014).
Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996. Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, (2005).
Muhaimin, Rekontruksi Pendidikan Islam. 1 Cet. Jakarta: Rajawali Press. Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, (2009)
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung, Remaja Rosdakarya, (2006).
Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, (1981).
Mulyasa, M. Pd., Manajemen berbasis sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2012).
Hamalik, Oemar. “Kurikulum dan Pembelajaran,” Sinar Grafika. (2008).
Copyright (c) 2022 Wiwinda Winda, Ramedlon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.