Pendidikan Islam (Sebuah Tinjauan Aksiologis)

  • Rizki Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Riolandi Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Sonin STAI Rahmaniyah (STAIR) Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
Keywords: Pendidikan Islam, Aksiologis.

Abstract

Ilmu merupakan sesuatu yang paling penting bagi manusia, karena dengan ilmu semua keperluan dan kebutuhan manusia bisa terpenuhi secara lebih cepat dan lebih mudah. Namun, tidak selamanya ilmu-ilmu tersebut menjadi berkah bagi manusia. Terkadang, ilmu yang seharusnya memberikan kemaslahatan bagi kehidupan manusia malah menjadi momok yang mengerikan. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, manusia dapat menciptakan berbagai bentuk teknologi. Misalnya, pembuatan nuklir yang awalnya untuk memudahkan kerja manusia, namun kemudian menjadi malapateka. Di sinilah ilmu harus diletakkan secara proporsional dan memihak kepada nilai-nilai dan kemanusiaan. Sebab, jika ilmu tidak berpihak kepada nilai-nilai, maka yang terjadi ialah bencana dan malapetaka. Ilmu pengetahuan ibarat mata pisau, ia bisa membawa kemaslahatan sekaligus kumdharatan bagi penggunanya tergantung dengan tujuan penggunaan (aksiologi). Disinilah pentingnya pendidikan Islam dibandingkan dengan pendidikan Barat yang terkenal sekuler. Pendidikan Islam yang terikat nilai berusaha menjadikan manusia modern yang cerdas tidak hanya dalam tataran teori namun juga cerdas dalam tataran aplikatif-praktisnya, karena ilmu sejatinya tidak benar-benar bebas nilai.

References

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu, Cet. II, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Darajat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Gie, The Liang, Suatu Konsepsi ke Arah Penerbitan Bidang Filsafat, Yogyakarta: Karya Kencana, 1977.

Jalaludin & Usman said, Filsafat Pendidikan Islam; Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Kattsoff, Louis, Terj. Soejono Soemargono, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1986.

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004.

Muntahibun Nafis, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1998.

Salam, Burhanuddin, Logika Materil; Filsafat Ilmu pengetahuan, cet. I, Jakarta: Reneka Cipta, 1997.

Semiawan, Panorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Ilmu Sepanjang Zaman, Bandung: Teraju, 2005.

Supadjar, Damardjati, Filsafat Islam; Kajian Ontologis, Epistemologis, Aksiologis, Historis, Prospektif, Cet. I, Yogyakarta: Lesfi, 1992.

Suriasumantri, Jujun S., Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 2003.

Susanto, Filsafat Ilmu; Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis, Cet. II, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam, Cet. VI, Bandung: PT. Rosda Karya, 2005.

Tuhuleley, Said, Permasalahan Abad XXI: Sebuah Agenda, Yogyakarta: Sipress, 1993.

Zamroni, Mohammad, Filsafat Komunikasi; Pengantar Ontologis, Epistemologis, Aksiologis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Published
2022-04-19