Penggunaan Strategi Think-Talk-Write Dalam Meningkatkan Hasil Benlajar Siswa Pada Pembelajaran SKI Kels X IPA MAN Bengkulu Selatan

  • Feky Fuji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
Keywords: Strategi Think Talk Write, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Apakah strategi pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran SKI MATERI POKOK PERKEMBANGAN DAKWAH RASULULLAH SAW PADA PERIODE MEKKAH SEMESTER GANJIL, KELAS X IPA DI MAN MANNA BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA MAN MANNA BENGKULU SELATAN, pada 24 orang. Prosedur penelitian  terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya. Yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran SKI dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran think talk write. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan kelas. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengna menggunkaan metode: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes evaluasi. Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan dianalisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengna menggunakan strategi pembelajaran think talk write. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: hasil belajar SKI siswa melalui strategi think talk write mengalami peningkatan hasil belajar, khususnya pada materi pokok Perkembangan Dakwah Rasulullah Saw pada Periode Mekkah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 7,4 dengan ketuntasan belajar 74,37%. Aktivitas belajar dengan siswa 55,8% dan aktivitas belajar dengan guru  sebesara 69,16%, dan meningkat menjadi  8,63 dengan ketuntasan belajar 100% aktivitas belajar antar siswa 80,16% dan aktivitas belajar dengan guru 82,58% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 7,4 menjadi 8,63 serta ketuntasan belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 25,63% sehingga tidak perlu dilakukan siklus III.

References

Agus Suprijono. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM).Yogyakarta:Pustaka Pelajar.2013.
Asep Jihad & Abdul Haris.Evaluasi Pembelajaran.Jakarta:Multi Pressindo. 2010.
Asrofudin, “Tujuan dan Fungsi Mata Pelajaran SKI” dalam http://www.Asrofudin.blogspot.com/2010/05tujuan-dan-fungsi mata pelajaran ski. html, diakses 10 Juni 2016
Haidir Muhammad, “Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam” dalam http://www.muhammad-haidir.blogspot.com/2013/04/pengertian-sejarah-kebudayaan-islam. htmll, diakses 10 Juni 2016
Indrayani Astuti. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (PTK Kelas VIIC MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/201).(Univresitas Muhammadiyah Surakarta:Surakarta.2013
Ismail Sukardi. Model dan metode pembelajaran modern: suatu pengantar.Palembang: Tunas Gemilang Press.2011.
Nurlela Siti. Pengaruh Strategi Think Talk write Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Pada konsep pernafasan pada Manusia.(Tangerang Selatan:Skripsi Univresitas islam Negri Syarif Hidayatullah:Jakarta. 2014
Pupuh Fathurrahman dan Sorby Sutikno.Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami.Bandung:Refika ADITAMA.2007.
Sanjaya Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2008
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2010)
Syaichu Alif Rohman, Minat Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII H MtsN Ariyojeding Rejotangan Tulunggung Tahun Ajaran 2011/2012, (Tulungagung: 2012).
Trianto.Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (clasroom Action Research)Teori & Praktik.Surabaya:Prestasi Pustaka Publisher.2010
Yamin Martinis dan Bansu I Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2022-03-30