Kompetensi Guru Dalam Memahami Gaya belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Kompetensi guru merupakan hal yang sangat penting terhadap jalannya suatu proses belajar mengajar di kelas sebab di dalam kelas anak-anak memiliki berbagai macam perbedaannya masing-masing, ada yang memiliki gaya belagar visual, auditorial dan kinestetik. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kompetensi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IIIA di MIN 2 Bengkulu Selatan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas III di MIN 2 Bengkulu Selatan. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif . Hasil Penelitian yaitu 1. Kompetensi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas III di MIN 2 Bengkulu Selatan antara lain penguasaan terhadap karakterisitik peserta didik dari aspek moral, eomsional dan intelektual dengan memperhatikan aspek gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. 2. Faktor pendukung di bagi menjadi yaitu faktor internal yang berupa keterampilan guru dan faktor eksternal berupa lingkungan sekolah, dan sarana serta prasarana.Faktor penghambat di bagi dua yaitu faktor internal berupa peserta didik dan faktor eksternal berupa lingkungan keluarga.
References
Aqib, Zainal.2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional,
Bandung:Yramawidya
Fatmawati.2019.”Strategi Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di
SD Negeri Tangerang 5”. Jurnal. Vol 2. No 1
Ibda, Fatimah. 2012.Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi
PPKN dan Pendidikan Agama”. Juranal.VOL.XII NO.2
Ludji, Aryliea.2014.“Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik
Terhadap Prestasi Siswa”. Jurnal. Vol 44. No 2
Lusia, Evanita Eka.2013. ‘‘analisis kompetensi pedagogik dan kesiapan guru sekolah SMA dalam
mendukung implementasi kurikulum 2013’’.Skipsi, Semarang, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
Mukhtarodin.2017. Guru dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Parama publishing
Republik Indonesia.2011. “Undanag-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan
Nasional”.Cet.IV: Yogyakarta: Pustaka pelajar
Setyowati, Yuli.2005. “Pola Komunikasi Keluaraga dan Perkembangan Emosi
Anak”. Jurnal. Vol 2. No 1
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung; Alfabeta
Sugiyono.2011. Metode Penelitiaan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet
Copyright (c) 2022 uci purnama sari, Shance BT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.