Kompetensi Guru Dalam Memahami Gaya belajar Siswa

  • uci purnama sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Shance BT Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Kompetensi Guru, Gaya Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  Kompetensi guru merupakan hal yang sangat penting terhadap jalannya suatu proses belajar mengajar di kelas sebab di dalam kelas anak-anak memiliki berbagai macam perbedaannya masing-masing,  ada  yang memiliki  gaya  belagar visual,  auditorial  dan kinestetik.  Tujuan Penelitian ini  untuk menganalisis kompetensi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IIIA di MIN 2 Bengkulu Selatan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas III di MIN 2 Bengkulu Selatan. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah  penelitian   kualitatif   bersifat deskriptif . Hasil Penelitian yaitu 1. Kompetensi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas III di MIN 2 Bengkulu Selatan antara lain penguasaan terhadap karakterisitik peserta didik dari aspek moral, eomsional dan intelektual dengan memperhatikan aspek  gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. 2. Faktor pendukung di bagi menjadi yaitu faktor internal yang berupa keterampilan guru dan faktor eksternal berupa lingkungan sekolah, dan sarana serta prasarana.Faktor penghambat di bagi dua yaitu faktor internal berupa peserta didik dan faktor eksternal berupa lingkungan keluarga.

References

Aqib, Zainal.2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional,

Bandung:Yramawidya

Fatmawati.2019.”Strategi Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di

SD Negeri Tangerang 5”. Jurnal. Vol 2. No 1

Ibda, Fatimah. 2012.Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi

PPKN dan Pendidikan Agama”. Juranal.VOL.XII NO.2

Ludji, Aryliea.2014.“Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik

Terhadap Prestasi Siswa”. Jurnal. Vol 44. No 2

Lusia, Evanita Eka.2013. ‘‘analisis kompetensi pedagogik dan kesiapan guru sekolah SMA dalam

mendukung implementasi kurikulum 2013’’.Skipsi, Semarang, Fakultas Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Mukhtarodin.2017. Guru dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Parama publishing

Republik Indonesia.2011. “Undanag-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan

Nasional”.Cet.IV: Yogyakarta: Pustaka pelajar

Setyowati, Yuli.2005. “Pola Komunikasi Keluaraga dan Perkembangan Emosi

Anak”. Jurnal. Vol 2. No 1

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung; Alfabeta

Sugiyono.2011. Metode Penelitiaan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet

Published
2022-03-29