Analisis Perkembangan Agama Dan Moral Siswa Dari Keluarga TKI Di SDN Sri Rejosari Kecamatan Way Jepara Lampung Timur

  • Lia Qurotul Aini Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Indonesia
  • Meiwatizal Trihastuti Universitas Pendidikan Indonesia, Lampung, Indonesia
Keywords: Perkembangan agama dan Moral, Keluarga TKI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan tentang perkembangan agama dan moral siswa dari keluarga TKI (Studi kasus di SDN Srirejosari Way Jepara Lampung Timur). Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi yaitu mengumpulkan data dan pengamatan langsung objek yang akan diteliti. Teknik analisa data menggunakan langkah dengan reduksi data, merangkum data yang pokok dan fokus pada hal yang penting. Penyajian data, penyusunan informasi supaya lebih mudah untuk diolah dan dipahami.   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang orang tuanya menjadi TKI di dapati kurang dalam perkembangan agama dan moral, dengan demikian berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dan kerabat terdekat dalam mengembangkan agama dan moral siswa dari keluarga TKI.

Kata Kunci : Perkembangan agama dan Moral, Keluarga TKI

References

Abu Ahmadi, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2013.
Agoes Soejanto, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta, 2005.
Amru Hadi,A, Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
Amrizal, A., Subandi, S., & Fadillah, M. K. (2020). Effektivitas Taklim Remaja Islam Masjid dalam Membentuk Karakter Remaja di Era Industri 4.0 di Masjid Riyadus Sholihin. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 126-132.
Amri, S., Ismawati, T., & Armila, A. (2020). Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syech Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 77-88.
Darmiyati Zuchdi, Humanisasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Elizabeth B Hurlock, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga, 2002.
Hammam, H. (2020). Penanaman Akidah Melalui Pembiasaan Membaca Kitab Ta’limul Mubtadi’in Aqoid Ad-Diin di SD Negeri Kabupaten Tegal. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 49-60.
Setiani, A. I., Laili, N., & Abimanto, D. (2020). Strategi Pengembangan Keberagamaan Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Melalui Praktik Tilawah. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 26-31.
Wulandari, I., Subandi, S., Jannah, R., & Mispani, M. (2020). Implementasi Nilai–Nilai Religius Bagi Peserta Didik (Studi Pada MI Terpadu Darul Ulum dan SD Negeri 5 Lempuyang Bandar). Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 153-163.
Published
2020-09-03