Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 78 Kota Bengkulu

  • Yeni Meylani STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Edi Eswandi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mamba'ul Hikam Pali Sumsel
Keywords: Hasil Belajar, PJBL, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 78 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen berupa soal test berbentuk pilihan ganda. Dalam penelitian ini,  Kelas V A dijadikan kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Hasil data dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik dengan menggunakan uji t-test untuk menenukan keputusan hipotesis hasil penenlitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran PJBL memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA dengan nilai t hitung > t tabel yakni 4,30 > 2,00

References

Abdi Rizka Nugraha, Dkk, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5SD. Universitas Kristen Satya Wacana. Volume 6, Nomor 4.1.

Ademas Dwi Laksono. 2018.Keefektifan Project Based Learning terhadap Keafektifan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Sumberejo 2 Bonang. Universitas PGRI Semarang. P-ISSN2548-8856, e-ISSN2549-127X.

Andita Putri Surya, Dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejolor 01 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. ISSN: 2337-9227.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Edi Andana, Dkk. 2014. Pengaruh Model pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Tagallalang. Universitas Pendidikan Ganesha.

Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompas, (2016) “Imajinasi Siswa Lemah”, tersedia di :

Krissandi, Apri D S, Dkk. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Media maxsima.

Mardiana, Dkk.2016.Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar nasional. Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaraya

Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Yogyajarta: Parama Ilmu.

Ni Wayan, Dkk. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek , Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Universitas Pendidikan Ganesha. P-ISSN2303-288X,E-ISSN2541-7207.

Nyai Cintang, Dkk. 2017. Perception of Primary School Teachers towards the Implementation of Project Based Learning. Universitas Negeri Semarang. P-ISSN2252-6404,e-ISSN2502-515.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sekar Dwi Ardianti ,Dkk. Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Universitas Muria Kudus. p-ISSN 2087-9385, e-ISSN 2528-696X.

STKIP Citra Bakti Bajawa NTT.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wahab, Jufri.2017. hasil pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winarni, Endang W. 2011.Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP Unib Press.

Winarni, Endang W. 2012. Inovasi Dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP Unib Press

Published
2022-03-29