Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Sistem pembelajaran yang tepat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan dan problematika tersendiri yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa dalam rangka melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada Program Studi Pendidikan Agama Islam yang di hadapi oleh dosen dan mahasiswa di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan google form. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi metode, antar peneliti, sumber data dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat problematika dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sarana yang digunakan seperti gawai atau handphone dan laptop mahasiswa ada sebagian kecil belum mendukung untuk penggunaan aplikasi zoom dan whatsapp. Jaringan internet menjadi permasalahan utama dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi zoom dan grup whatsapp mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Agama Islam di STIT-Al’Quraniyah.
References
Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Denzim, N. K., & Yvonna S, L. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.
Dapertemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Rajawali Pers.
Khadijah, & Gusman, M. 2020. Pola Kerja Sama Guru dan Orang Tua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (2), 154-171.
Julianto, A. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan
Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-
Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186
Moleoong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Miles, & Hubermen. 1992. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.
Nur, Hadi Waryanto. 2006. Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal 2 (1). Retrieved from: https://brainly.co.id/tugas/28553416#readmore
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan 1(1), 24-44. Retrieved from http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kJo56TWFb_MJ:ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473/+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d
Rahman, Arief. 2018. Multidimensi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multiple Intelligences dan Dampaknya terhadap Sikap Keagamaan Siswa. Palembang: CV Amanah.
Ratmilah. 2013. Implementasi Model E-learning sebagai Pendukung Kuliah pada Jurusan Kependidikan Islam: UIN kalijaga Yogyakarta.
Ramayulis & Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajara. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sofan, Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifudin. 2017. Pengembangan Sistem Pembelajaran Online di SMK Nunggaran. Skripsi Universitas Negeri Padang.
Sri, K. U. 2014. E-Learning : Technological Development in Teaching for school kids. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(5), 6124-6126.
Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United States of America: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Yusuf, Bifaq & Nur M. Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Zakky, Mubarak, dkk. 2008. Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. Depok: Lembaga Penerbit FE UI.
Copyright (c) 2022 Alfin Julianto, Nelda Sari Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.