Studi Deskriptif Penerapan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 44 Bengkulu Selatan
Abstract
Permasalahan pembelajaran matematika ditandai oleh banyaknya materi pembelajaran matematika yang sulit dipahami oleh peserta didik. Permasalahan ini disebabkan baik oleh faktor guru maupun faktor siswa. Dari faktor siswa banyak ditemui kurangnya motivasi belajar, dan anggapan bahwa pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sulit. Salah satu faktor dari guru adalah kurangnya variasi guru dalam menggunakan media dalam proses pembeiajaran. Media pembelajaran adalah sebagai alat bantu bagi seorang guru untuk menyampaikan, dan menyajikan pesan dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran matematika yang biasa digunakan adalah media flash card. Media flash card merupakan media kartu yang berisi gambar, angka, huruf dan simbol yang berfungsi sebagai pengantar pesan untuk mengarahkan siswa kepada suatu hubungan gambar dengan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas IV SDN 44 Bengkulu Selatan. Penerapan media flash card digunakan guru dalam proses pembelajaran matematika pada materi bentuk-bentuk pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang guru laksanakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
References
Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran, Jakarta : BumiAksara.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Roadaya.
Arifin, Zainal. 2012. Modul Evaluasi Pembelajaran. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020 melalui
file:///C:/Users/acer/Downloads/EVALUASI_PEMBELAJARAN%20(1).pdf.
Asrul, rusydi ananda, rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. (Medan : CiptaPustaka Media). H. 12
Basrowi & Suwadi. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Pisikologi Belajar. Jakrta: Rineka Cipta.
Hamalik, Omar. 1989. Media Pendidikan, Bandung: PT Citra Aditya
Hutauruk, Pindo dan Rinci Simbolon. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada
Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. Jurnal. Vol. 8. No 2 Juni 2018.
Diunduh tanggal 2 Mei 2020 melalui
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/viewFile/9770/9295
Masitoh, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran TK. Banten: Universitas Terbuka.
Purwanto. 2011. Evaluasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Setiono, Igit. Pengaruh Strategi Polya Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Materi Bangun
Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan. Vol. 01. Diunduh
tanggal 18 April 2020 melalui http://respository.unib.ac.id/.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung :Alfabeta.
Sukardi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Percobaan dalam
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian. Diunduh tanggal 1 September
Melalui file:///G:/%C2%A0/PROPOSAL%20OKE/Bahan%20Skripsi/215524-peningkatan-hasil-belajar-siswa-mengguna.pdf.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Syaefudin, Udin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2006. Perencanaan Pendidikan, Bandung : Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, Sapto Hadi. 2017. Tujuan Fungs Manfaat Media Pembelajran. Diunduh pada tanggal 19
April 2020 melalui https://.wordpress.com/.
Copyright (c) 2022 Kanti Aldino Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.