Implementasi Metode Pembelajaran dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro
Abstract
Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro memiliki program hafalan yang menarik, yakni dengan menghafal setiap ayat dengan lancer, barulah menambah ayat berikutnya sampai mencapai satu halaman secara penuh, setelah lancar barulah disetorkan kepada ustad /usadzah selaku musrifah atau musrif masing-masing halaqoh. Setelah mencapai satu juz santri diwajibkan memuroja’ah dan menyetorkan satu juz yang telah dihafalnya sekali duduk , jika tidak mampu diperbolehkan setoran per ½ juz atau lima lembar barulah setoran satu juz utuh.Dan jika tidak mampu , maka satu juz dibagi menjadi 4 menjadi ¼ dan barulah menyetorkan satu juz utuh, jika proses setoran juziyah sudah dilakukan barulah diperbolehkan juz berikutnya. Tujuan penelitian yang ingin penulis capai dalam penulisan ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Metode yang digunakan dalam Pembelajaran Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro.(2) Untuk mengetahui Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Studi kasus (Case Study). Peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian mununjukan bahwa: (1) Metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir adalah metode wahdah (2) Impementasi dari metode yang digunakan sesuai dengan pedoman dalam menghafal Al-Qur’an, Namun demikian hasil yang didapat belum semua mahasantri sesuai target dikarenakan Lemahnya tekad, Salah dalam niat, Tidak kuat otaknya, Tujuan menghafal yang tidak ada, Belum bisa membagi waktu antara kuliah UM Metro/ IAIN Jurai Siwo dan menghafal. Berdasarkan teori yang dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa:Dalam melaksanakan proses pembelajaran Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro telah mengacu pada visi dan misi Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro dan persiapan pembelajaran Tahfidz Al-qu’an atau menghafal Al-qur’an yang dilakukan oleh para pengajar di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir sudah tepat guna.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an, Metode.
References
Amri, S., Ismawati, T., & Armila, A. (2020). Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syech Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 77-88.
Athiyah Al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Penerbit, Bulan Bintang
Tahun 1990 hal, 1
Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Penerbit, Usaha Nasional, Surabaya Tahun, 1983, hal 30
Endang Syaifuddin Anshari, Wawasan Islam, Penerbit Rajawali Pers, tahun 1983, hal
157
Hasan Sadily, Sosiologi Masyarakat Indonesia, Penerbit, Bhineka Aksara, Jakarta, Tahun 1983, hal 119
Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Bayan, Penerbit, PT. Al-Ma’arif Bandung Tahun 1966, hal. 1029
Julius Candra, Kreativitas, Penerbit. Kanisius Jogyakarta, tahun 1994, hal. 17
Khamid, A., Prasmanita, D., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 45-53.
Mujama’ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fahd Li thiba’at asy-Syarif, Al-Qur’an dan Trjemahnya, Madinah Munawaroh, 1990, hal. 862
Muhahmmad Rifa’i, 300 Hadis Bekal Dakwah dan Pembina Pribadi Muslim, Penerbit, Wicaksana, Tahun 1992, hal. 20
Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 34-44.
Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 32-40.
Zuhairini, Metode Khusus Pendidikan Agama, Penerbit. Usaha Nasional Surabaya, Tahun 1983. Hal. 23
Ramayulis. “Metodelogi Pendidikan Agama Islam”, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Abuddin Nata, “Ilmu pendidikan Agama Islam”, Jakarta: Raja grafindo persada, 2009.
Copyright (c) 2020 Muhammad Mirwan M, Aisyah Khumairo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.