Peranan Pelayanan Guru Bimbingan Konseling dalam Menyeimbangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa

  • Uci Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Litemi
  • Reni Hariani ekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam
Keywords: Peran, Guru, Bimbingan Konsling, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual

Abstract

Pada saat ini krisis moral yang menimpa Indonesia berawal dari lemahnya penanaman nilai spiritual terhadap anak. Pada zaman sekarang banyak anak-anak yang menggunakan narkoba, bolos sekolah serta tawuran, bahkan banyak anak pada zaman sekarang ini melawan orang tuanya. Pelaku-pelaku tindakan aksi ini sudah mulai di lakukan oleh siswa-siswa tngkat SMA/ SMK hal inilah sangat memprihatinkan bagi kita semua untuk membentuk akhlak seseorang. Serta kita lihat fenomena tersebut sangat erat kaitanya dengan kecerdasan emosi, sementara kecerdasan tidak berarti tanpa adanya dukungan dari kecerdasan spiritual. Bimbingan dan konseling dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial baik dirumah, sekolah atau di masyarakat dengan menjunjung tinggi norma, nilai agama, adat istiadat dan hal yang lain, semua ini akan mampu membuat kedisiplinan yang dimiliki siswa terutama dalam bidang kedisiplinan beragama semakin meningkat . masalah ini yaitu siswa belum mampu mengontrol emosi, egois dan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif, misalnya sering terjadi perkelahian antar sesama siswa dan masih banyak siswa yang suka melawan guru, contohnya ; tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, keluar masuk kelas saat pelajaran berlangsung dan melanggar tata tertib sekolah, adapun contohnya yaitu; datang terlambat, tidak menggunakan seragam lengkap, bolos dan membuang sampah sembarangan. Tujuan Penelitian ini  Untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam menyeimbangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa SMK Negeri 3 Bengkulu selatan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menyeimbangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif analitik. Hasil Penelitian ini yaitu Peran guru BK dalam menyeimbangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan yaitu: komunikator, pendamping, motivator dan penasehat, pembimbing dan konselor, serta pembangunkerjasama dengan semua pihak sekolah maupun wali murid. Faktor-faktor pendukung agar upaya dalam menyeimbangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan dapat berjalan dengan maksimal meliputi Guru Bimbingan Konsling Mendidik siswa agar siswa memiliki kesadaran diri dan dengan memposisikan diri senada, serasa dengan emosi orang lain akan membantu seseorang mampu membaca dan memahami perasaan orang lain, Melatih siswa melakukan hal-hal positif agar menjadi kebiasaan yang dapat membuat siswa menjadi seimbang antara kecerdasan emosional dan spiritual, Adanya partisipasi dari semua pihak sekolah dan wali murid, dan Adanya kemauan siswa untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Faktor penghambat dalam menyeimbangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual di kelas XI SMK N 3 Bengkulu Selatan, meliputi Perbedaan latar belakang keluarga dan orang tua siswa, Keadaan individu siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Keterbatasan waktu untuk melakukan pendampingan dan bimbingan di sekolah, Semangat dan Motivasi siswa tidak maksimal, Lingkungan yang tidak relevan dengan pendidikan.

References

Cahyo,Wahyu Aris. 2016. “Bimbingan Konseling”.Bandung: Rosda Karya.

Daud, Firdaus. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EM) dan Motivasi Belajar Terhadap hasil belajar Biologi Siswa SMA Negeri Kota Palopo. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran 19(2). Retrived From http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475/626

Efendi, Saprudin. 2019. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NW Keruak Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(1); 23-43. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/229205581.pdf

Fajar, Malik. 2003.Undang-undang Republik Indonesia no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, Jakarta: Grasindo

Habsari, Sri. 2014. Bimbingan dan Konseling SMA, Jakarta; Grasindo.

Husairi,Achsan.2008. manajemen pelayanan bimbingan dan konseling, Bogor: Arya Duta.

Jaelani, A.Q & Ilham, Lailu. 2019. Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 13 (1). Retrived from http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/view/2056

Julianto, A. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Julianto, A. & Fitriah, A.. 2021. Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an di SMPN 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1(2): 175-184. . Retrieved from http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28.

Julianto, A. & Prasetyo, I. 2021. Pengelolaan Lahan Bantaran Sungai Bedog Berbasis Komunitas Karang Taruna Guna Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ecotrophic. Affan 13(1): 1-10. . Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=8ZDU5LYAAAAJ&citation_for_view=8ZDU5LYAAAAJ:WF5omc3nYNoC

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mappiare, Andi.2006. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pramanasari, Aditia. 2015. Peran Guru Bimingan Konseling Dalam Membina kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. (Skripsi) Retrived from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17046/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.PDF.pdf

Prayitno. 2013. dasar-dasar bimbingan dan konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Prima Vidya Asteria, 2001.mengembangkan kecerdasan spiritual anak melalui pembelajaran membaca sastra. Jakarta; UB

Rahmawati, ulfah. 2016. Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu deresan Putri Yogyakarta . Jurnal Penelitian, 10(1). Retrived From https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/viewFile/1332/1176

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-09-30