Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 30 Bengkulu Selatan

  • Yulita Handayani STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Andika Julian Saputra
Keywords: Kata Kunci: Evaluasi Program, Model Evaluasi CIPP (context, input, prosess, product), Pembelajaran Online (Daring), Mata Pelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang belum memiliki fasilitas media pembelajaran online, masih banyaknya siswa yang megeluh susah memahami materi yang diberikan melaluai media sosial, belum adanya fasilitas kusus yang dimiliki sekolah untuk mendukung proses pembelajaran online (daring), dan kurangnya pelibatan orang tua dalam megawasi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian bertujuan untuk melakukan evaluasi context, input, prosess, product program pembelajaran online (daring) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 30 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian evaluasi dari context program pembelajaran online (daring) di SMPN 30 Bengkulu Selatan menunjukan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Hasil evaluasi input diketahui bahwa guru yang mengajara mata pelajaran PAI sesuai dengan keahliannya, dan program ini di ikuti seluru siswa, dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Hasil evaluasi process menunjukan bahwa proses pembelajaran ini berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan, dan yang menjadi masalah adalah masih banyaknya siswa yang belum mempunyai media pembelajaran. Hasil evaluasi product menunjukaan bahwa tujuan utama pembelajaran online (daring) sudah tercapai, namun belum ada pengaruh peningkatan hasil belajar siswa.

References

Abdullah,Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori dn Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Ananda, Rusydi dan Tien Rafida. 2017. Pengantar evaluasi program pendidikan . medan: perdana Publishing.

Arifin, Z. 2010. Model-Model Evaluasi Program. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daulay Haidar Putra. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta : Kencana.

Djamarah Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ismail M.Ilyas. 2020. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran . Makasar : Cendekia Pulisher.

Julianto, A. & Sujarwo. 2019. “An Evaluation of Community-Based Weaving Program Implementation in Gamplong Tourist Village Sleman Yogyakarta” in International Conference on Meaningful Education, KnE Social Sciences, pages 107–113. Retrieved from https://www.knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/4629.

Julianto, Alfin. & Fitriah Anisah. 2021. Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an di SMPN 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1(2): 175-184. . Retrieved from http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28.

Nur dan Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahman Arief. 2018. Resume Metodologi Penelitian Untuk Karya Tulis Ilmiah (KTI). Palembang: Noer Fikri Offset, Cet-1.

Ramayulis. 2018. Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Sarwono Jonathan. 2006 Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sriyanti Ika. 2019. Evaluasi Pembelajaran Matematika. jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Dan Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Tien dan Rusyid. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Usman Husnaini. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Widoyoko Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waryanto, N.H. 2006. On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. FMIPA: Universitas Negeri Yogyakarta. 2(1): 12-13. Retieved from https://www.google.com/search?q=On-line+Learning+Sebagai+Salah+Satu+Inovasi+Pembelajaran&client=firefox-b-d&sxsrf=AOaemvKdw9e482ZFDE73eSK1bgYuB3UCIg%3A1632661122029&ei=gm5QYcKiAcbA3LUPvd-5mAc&oq=On-line+Learning+Sebagai+Salah+Satu+Inovasi+Pembelajaran&gs_lcp=Cgdnd3Mtd2l6EAMyBAgAEA06BwgjELADECdKBAhBGAFQmPwXWJj8F2Cf_xdoAXAAeACAAcYBiAHGAZIBAzAuMZgBAKABAqABAcgBAcABAQ&sclient=gws-wiz&ved=0ahUKEwjC693R2JzzAhVGILcAHb1vDnMQ4dUDCA0&uact=5

Mappasiara. 2018. Pendidikan islam (pengertian, ruang lingkup dan epistemologinya). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1): 147-160. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/4940

Published
2021-09-26