OPTIMALISASI PROGRAM PEMBINAAN GURU PAUD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PENDIDIAKN ANAK USIA DINI

  • adelia zela bengkulu university
Keywords: Pembinaan guru PAUD, Pendidikan nonformal, pengembangan professional, kualitas pembelajaran, anak usia dini.

Abstract

Optimalisasi program pembinaan guru PAUD untuk meningkatkan perkembangan pendidikan anak usia dini dilakukan melalui tinjauan terhadap berbagai model pelatihan berbasis pendidikan nonformal. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 20 artikel yang membahas pelatihan guru, manajemen pendidikan, kolaborasi antara orang tua dan guru, serta pengembangan profesional berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan bertahap dan dukungan manajemen lembaga mampu meningkatkan kompetensi pedagogis, sosial, dan profesional guru. Program kolaboratif seperti parenting dan SDIDTK juga berperan penting dalam memperkuat hubungan antara guru dan orang tua, sehingga stimulasi perkembangan anak dapat dilakukan secara lebih optimal dan terarah. Pendekatan microlearning dan pemanfaatan teknologi turut mendukung guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif, menarik, serta sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tantangan era digital, terutama penggunaan gadget berlebihan pada anak, menuntut guru mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif. Secara keseluruhan, penguatan pembinaan guru PAUD menjadi kunci utama untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini secara berkelanjutan.

References

Ashari, A. T., Akta, T., Dhara, N., Aliya, N., & Kacaribu, V. (2025). Peran Manajemen Diklat PAUD dalamMeningkatkan Kompetensi Profesional Pendidik Anak Usia Dini The Role of PAUD Training Management in Improving the Professional Competence of Early Childhood Educators. 1683–1690.
Famuji, T., & Sunarti, S. (2022). Literature Review Gaya Belajar untuk Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 591–595. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.345
Hayat, A. (n.d.). PENDIDIKAN NON FORMAL BERBASIS MASYARAKAT DESA (Studi pada Yayasan Pelita Hati Kabupaten Sumenep). Jap), 7(2), 44–50.
Kampuno, S. D. N., Barebbo, K., & Bone, K. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5 . 0 ( Studi pada. 14(2).
Manaf, S. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. 5.
Noviana, I. P., Gunawan, S., Herniati, I., Misbahudin, E., & Sobirin, S. (2023). Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru PAUD dalam Kualitas Pembelajaran di Desa Cimanggu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.37567/pkm.v3i1.1831
Pendidikan, C., Anak, P., & Dini, U. (n.d.). Cendikia pendidikan. 15(11).
Pradita. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 03(01), 73–85. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ
Purnamasari, F. B. (2019). Hubungan antara guru dan orang tua melalui program parenting perkembangan anak. 13(1), 11–25.
Putra, P. A. (2024). Implementasi pelatihan terhadap kinerja guru 1. 03(05), 2–8.
Rahmani, A. (2024). Efektivitas Komunitas Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Mutu Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan,. Jurnal Basicedu, 8(6), 4625–4636. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/8889
Siti Fadilah Dwi Febrianti. (2024). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Role Playing. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(2), 12–24. https://doi.org/10.55606/ay.v6i2.986
SUSANTI, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1255
Ulfah, S. M., Annisa, A., & Anisia, I. W. (2023). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD. 7(5), 6415–6427. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4311
Wahyuningsih, Y., Ma’ruf, C., & Kuncoro, I. (2024). Peran Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Thawalib, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.54150/thame.v3i1.278
Wulandari, W., Utama, I., Dhieni, N., & Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Pengembangan Diri Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 4.
Yuniarni, D. (2016). Peran Paud Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370
Published
2025-11-04