Hubungan Metode Sorogan Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Iqra’ Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan

  • Mahlian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah
Keywords: Metode sorogan, Kemampuan Membaca Iqra’

Abstract

Metode sorogan adalah metode dimana seorang siswa menghadap guru satu per satu untuk mendapatkan bimbingan belajar. Dengan metode sorogan ini guru ataupun ustadz dapat mengetahui sampai dimana kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran Iqra’. Iqra’ yang dimaksud adalah jenis buku teks karya dari KH. As’ad Humam yang digunakan oleh komunitas muslim diindonesia, yang bertujuan untuk mempelajari dasar pemahaman huruf bahasa arab dan pelafadzannya. Iqra’ dianggap sebagai batu loncatan awal untuk ilmu pembacaan Al-Quran tingkat lebih tinggi dikenal dengan tajwid. Masalahnya adalah Rendahnya pengetahuan siswa mengenai ilmu tajwid, kurangnya dukungan dari orang tua siswa, kurangnya minat dan fokus saat membaca Iqra’ dan lain sebagainya. Penulis ingin mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode sorogan di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan? Bagaimana kemampuan membaca Iqra’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan? Apakah terdapat hubungan metode sorogan dalam peningkatan kemampuan membaca Iqra’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan? Tujuan Penelitian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan metode sorogan dalam peningkatan kemampuan membaca Iqra’ siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (Mixed Mithods) dengan menggabungkan metode kuantitatif dan  metode kualitatif.  Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil yang penelitian dapatkan yaitu 1.Pelaksanaan metode sorogan di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pada umumnya yaitu siswa mendatangi guru dengan membaca Iqra’ dan mulai membacanya dengan bimbingan dari guru. 2.Kemampuan membaca Iqra’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan sesuai dengan tingkat kematangan dan juga intelegen siswa, seperti kefasihan, ketepatan makhrojnya, ketepatan pada tajwidnya, kelancaran membaca Iqra siswa. 3.Hubungan metode sorogan dalam peningkatan kemampuan membaca Iqra’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan signifikan dibuktikan dengan  hasil nilai r hitung sebesar 0,588, kemudian pada tabel r dengan N=35, taraf signifikan 5% diperoleh hasil 5% yaitu 0,334 serta 1% yaitu 0,463

References

Al-Hadi, Muhammad. 2006. “Efektivitas Metode Sorogan Dalam Pengembangan Kemampuan Qira‟Ah Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta”. Jurnal Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Anwar, Rosihon. 2010. Ulum Al-Quran, Bandung: Pustaka Setia, Cet II.

Arif, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Islam, Jakarta: Ciputat Press

Depertemen Agama Ri. 2007. Al-Quran Dan Terjemah, Bandung: Diponegoro

Depag RI. 2003. Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam.

Fuji Astuti, Feky. 2015. Ilmu Pendidikan Islam, Palembang: Noer Fikri.

Http://Kompasiana.Blogspot.Com. Metode Sorogan. Diakses 17 Desember 2019 Pukul 17:34.

Http://republika.co.id/berita/o5ar464/sorogan-dan-bandongan-metode-khas-pesantren. diakses jum’at. 08 April 2016. Pukul 11:00 WIB.

Humam, As’ad. 2017. Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Yogyakarta: Amm, Edisi Revisi.

Khalid Al-Amir, Najib. 2002. Mendidik Cara Nabi Saw, Bandung: Pustaka Hidayah.

Muhammad Ibn ‘Alawi Al-Maliki Al- Hasani, Samudra Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Ringkasan Kitab al Itqan Fi ‘Ulum Al-Qur’an Karya Al Imam Jalal Al Maliki Al Hasani, (Bandung: Pt Mizan Pustaka, 2003), Cet.1.

Ningsih, Suprihatin. 2016. Perspektif Manajemen Program Keterampilan. Yogjakarta: Budi Utama.

Nur Handayani, Iys. 2018. “Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembanganak Usia Dini, Vol.3 No 2.

Qaradhawi. Yusuf, Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Alkautsar, 2000).

Rahman, Arief. 2018. Multidimensi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multiple Intelligences Dan Dampaknya Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Masdrasah Aliyah Bengkulu Selatan, Palembang: Noer Fikri, Cet-Pertama

Rahman, Arief. 2018. Resume Metodologi Penelitian Untuk Karya Tulis Ilmiah (KTI). Palembang: Noer Fikri, Cet-1

Sarwono, Jonathan. 2006 Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Subhan, Cecep. 2013 “Hubungan Antara Keteladanan Guru Dengan Disiplin Belajar Siswa Di Mi Attaufiq Megamendung-Bogor”. Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cet-3
Published
2021-09-28