Hubungan Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Musamus)

  • Nolvy Ruata Universitas Musamus Merauke,Indonesia
  • Helmi Wicaksono Universitas Islam Malang, Indonesia
Keywords: Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang menuju masyarakat intelektual yang berkompentsi. Dalam proses pendidikan, komunikasi memiliki peran yang cukup penting guna memotivasi dan  mentranfer  ilmu  pengetahuan  dari  pendidik  ke  peserta  didik  yang  pada  akhirnya berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Lingkungan Universitas Musamus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar aktif pada tahun akademin 2016/2017 semester  genap,  jumlah  sampel  dalam  penelitian ini 80 mahasiswa. Teknik  pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Sampling insidental adalah tehnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu mahasiswa yang secara kebetulan ditemu oleh peneiti pada periode pengumpulan data yakni Januasi s/d Februari 2017. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian  ini   menunjukkan   bahwa   (1)   Intensitas komunikasi dosen   dan   mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) Motivasi belajar  mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar mahasiswa. (4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,462 atau 46,2%, menunjukkan bahwa variabel intensitas komunikasi dan motivasi belajar dapat menjelaskan 46,2%  terhadap  variabel  prestasi  belajar.  Sedangkan sisanya sebesar 0,538 atau 53,8%, dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci: Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar, dan  Prestasi Belajar.

Author Biography

Nolvy Ruata, Universitas Musamus Merauke,Indonesia

Pendidikan merupakan gerbang menuju masyarakat intelektual yang berkompentsi. Dalam proses pendidikan, komunikasi memiliki peran yang cukup penting guna memotivasi dan  mentranfer  ilmu  pengetahuan  dari  pendidik  ke  peserta  didik  yang  pada  akhirnya berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Lingkungan Universitas Musamus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar aktif pada tahun akademin 2016/2017 semester  genap,  jumlah  sampel  dalam  penelitian ini 80 mahasiswa. Teknik  pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Sampling insidental adalah tehnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu mahasiswa yang secara kebetulan ditemu oleh peneiti pada periode pengumpulan data yakni Januasi s/d Februari 2017. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian  ini   menunjukkan   bahwa   (1)   Intensitas komunikasi dosen   dan   mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) Motivasi belajar  mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar mahasiswa. (4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,462 atau 46,2%, menunjukkan bahwa variabel intensitas komunikasi dan motivasi belajar dapat menjelaskan 46,2%  terhadap  variabel  prestasi  belajar.  Sedangkan sisanya sebesar 0,538 atau 53,8%, dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci : Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar, dan  Prestasi Belajar.

References

Baralihan, Tanjung. (2015). Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. Djiwandono,S.E.W. (2008). Psikologi Pendidikan. PT Grasindo. Jakarta.
Effendy, Onong Uchjana. (1994). Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Pengantar
Ilmu Komunikasi, Grasindo.Rosdakarya.Jakarta.
Ernawati, dan Tjalla. (2012). Hubungana Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa Dan Dosen Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Jakarta.
Fraser, B.J. dkk. (2010). Instructor-Student Interpersonal Interaction and Student Outcomes at theUniversity Level in Indonesia. The Open Education Journal. Vol 3, 21-33.
Ghozali Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20.Edisi 6.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdu, G. dan Lisa, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Di
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 12, No. 1, 81-86.
Haqi, Luqman. (2015). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pelajaran
2015.Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Walisongo. Semarang.
http://nasional.kompas.com/read/2014/05/21/0754454/.nawa.cita.9.agenda.prioritas.jokowi-jk
Ismail, N, dan Idris, KN. (2009). The Effects Of Classroom Communication On Student’s Academic Perfomance At The International Islamic University Malaysia (IIUM). Unitar e-Journal. Vol. 5. No.1. pp. 37-49.
Khotimah, Nor Laili. (2011). Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V MI Miftahul Huda Ngemplik Wetan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Lisa, Hsu. (2010). The Impact of Perceived Teachers’ Nonverbal Immediecy on Students’
Motivation for Learning English. Asian EFL Journal. Vol 12, 1-17.
Muharoni. (2013). Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Dengan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di MTs Hasanah Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pekanbaru.
Mulyana, D. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke tiga. PT. Remaja
Rosdakarya.Bandung.
Permatasari, Merlina. (2010). Pengaruh Intensitas Komunikasi Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Rumah. Studi pada Warga Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Malang. Naskah Publikasi.
Rafiqah, M. Yumansyah., dan Mayasari, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa
Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 2,No. 2.
Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo
Persada.Jakarta.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Ed.1, Cet.II. Raja Grafindo
Persada.Jakarta.
Sprinthall, N.A, Sprinthall, R.C, 1990, Educational Psychology : A Developmental approach ed.5. Mc. Grawhill.New York.
Unfiana, Qonita. (2014). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan MotivasiBelajar terhadap Prestasi belajar Mahasiswa. (Studi paada Mahasiswa Akademi Keprawatan Bakti Nusantara). Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Wlodkowski, RJ & Jaynes, J.H. (2004). Motivasi Belajar cet. I. Depok: Cerdas Pustaka.
Published
2020-09-02