Hotma Beta Utama Sihotang, Alfin Julianto, Nia Ulfasari
Strategi Pemanfaatan Teknologi AI Sebagai Pendukung Pembelajaran Paket C Di PKBM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai pendukung, bukan pengganti, dalam pembelajaran Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Permasalahan utama yang diangkat adalah bagaimana AI dapat membantu proses pembelajaran tanpa mengurangi peran tutor sebagai pendidik utama. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan menganalisis 20 artikel ilmiah terbitan 2020–2025 yang membahas integrasi AI dalam pendidikan nonformal di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa AI mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui sistem adaptif, analisis perkembangan peserta didik, serta penyajian materi yang lebih personal. Namun, implementasi AI juga menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur digital, kesenjangan literasi teknologi, serta risiko ketergantungan terhadap sistem otomatis. Temuan penelitian menegaskan bahwa strategi yang tepat mencakup integrasi AI dengan pendekatan humanis, peningkatan kompetensi tutor, penggunaan blended learning, dan evaluasi berkala untuk menjaga keseimbangan antara teknologi dan peran manusia. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan AI yang dilakukan secara bijak dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Paket C tanpa menghilangkan nilai kemanusiaan yang menjadi ciri utama pendidikan nonformal.
References
Auwaliyah, R., Syarif, M., & Rohmad, M. A. (2025). Dinamika penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 148-165
Butkus, A. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review of AI Tools and Their Impact on Learning. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-60.
Butkus, M. (2020). The Human Side of Artificial Intelligence. Science and Engineering Ethics, 26. https://doi.org/10.1007/s11948-020-00239-9
Devi, N. C., et al. (2025). Analisis kebutuhan guru dalam menggunakan AI sebagai pendukung media pembelajaran matematika tingkat MA. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 9(1), 20-31. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3461
Elpana, D., et al. (2022). Inovasi Guru di Era Digital: Tantangan dan Strategi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(4), 300-315.
Fauzi, R., Arista, A., & Tipa, H. (2025). Pengenalan internet dan kecerdasan buatan (AI) untuk pembelajaran perumahan Green View. Jurnal PUAN Indonesia, 7(1), 225-230.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.
Holmes, W., & Porayska-Pomsta, K. (2022). AI in Education: Balancing Human and Machine Roles. Computers & Education, 178, 104-115. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104115
Holmes, W., & Porayska-Pomsta, K. (2022). Artificial intelligence in education: Contexts, methods and implications for teaching and learning. Journal of Learning Analytics, 9(1), 1–20.
Huda, M., et al. (2021). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 75-90.
Khasanah, U., Ririn, & Sanuri, D. (2024). Pemanfaatan teknologi inovatif dalam pembelajaran blended learning. IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 65-75. https://ssed.or.id/journal/ijier
Marsa, Harlina, S., & Armus, P. R. (2024). Penerapan teknologi Artificial Intelligence (Chat-GPT) sebagai sistem pendukung dalam pemberian materi pembelajaran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4351-4358. http://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4124
Nuryana, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Etika dan Efektivitas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 120-135.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37-42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Sari, A. P., & Munir, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Sari, E. A., & Munir, M. (2024). Integrasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Nonformal: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 12(3), 200-215.
Sugiarso, B. A., Lumenta, A. S. M., & Pratasis, P. A. K. (2024). Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan tools Artificial Intelligence (AI) untuk guru. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(6), 267-278.
Sumakul, H. I., Tendean, S. V., & Lonto, A. L. (2024). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. TUMOUTOU SOCIAL SCIENCE JOURNAL (TSSJ), 1(1), 21-30.
Tranggono, A., et al. (2023). Dampak Globalisasi Teknologi pada Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 14(1), 50-65.
Wahidin, N., Supriyono, S., & Widianto, E. (2022). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.39712
Waluyo, et al. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai sistem pendukung (supporting system) kegiatan intrakurikuler di SMAN 1 Montong Gading - Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1771-1781. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10053
Yusuf, M. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) sebagai pendukung otomatisasi perpustakaan. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 16(1), 41-57. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i1.7516
Copyright (c) 2025 Hotma Beta Utama Sihotang, Alfin julianto, Nia Ulfasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




