Peran Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 2 Bengkulu Selatan
Abstract
Pembelajaran matematika yang sulit dipahami oleh anak salah satunya tentang penjumlahan pada materi ini anak susah untuk memahami tentang penjumlahan dalam berhitung, anak belum bisa mendapatkan hasil dalam penjumlahan, anak tidak fokus dalam belajar, asyik sendiri, menganggu temannya, tidak aktif dalam pembelajaran, anak tidak mau mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi penjumlahan, sebagian anak berpikir bahwa pembelajaran Matematika itu sulit dan susah. Pengunaan media gambar yang akan diajarkan kepada siswa, menyebutkan tujuan pembelajaran, jelaskan media yang akan digunakan, setelah siswa semuanya paham baru menjelaskan dan langsung dihubungkan dengan materi pembelajaran. Bentuk media gambar yaitu berbentuk gambar-gambar yang terbuat dari kertas.
References
Daryanto, 2010. “Media Pembelajaran”. Yogyakarta: Gava Media
Hamalik, Omar, 1998. “ Media pendidikan” Bandung: PT Citra Bakti.
Favarita, Fera, 2015. ”Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Penjumlahan Pada Anak Autis Kelas II Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta”. Yogyakarta: FKIP Universita Negeri Yogyakarta.
Lesda fitriani, 2019 . “Kemampuan Pengaruh Media Gambar Terhadap Menghtung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD NEGERI 133 Bengkulu Utara”. IAIN Bengkulu.
Ni, Gusti Ayu Made Yeni Lestari, 2013. ’’Penekatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual’’. Jakarta: PAUD PPs Univeritas Negeri Jakarta.
Rahayu, puji tutik, 2017. “Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Siswa Kelas II SDN Mertak Umbak Tahun Ajarn 2016/2017’’. Mataram.
Rohani, 2009. ’’Media pembelajaran’’. fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan: Universitas islam Negeri Utara
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabet
Syukur, fatah, 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail
Satrianawati, 2018. ’’Media dan Sumber Belajar’’. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Soemanto, Wasti, 2008. “Psikologi Pendidikan’’. Jakarta: Cipta.
Sutarjiani. 2012.Upaya Meningkatkan Kemampuasn Berhitung melalui Media Gambarbagi Anak Kelompok A di Ba’aisyiyah Tegal Sepur Klaten Tengah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21422/11/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf
Copyright (c) 2021 Desty Puspita Sari, Piana Puspita Sari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.