Makna Pendidik di Dalam Al-Qur'an
Abstract
Pendidik merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan yang berperan sebagai figur teladan di lingkungannya, mengarahkan anak didiknya menuju masa depan yang lebih cerah. Sebagai ujung tombak dalam memberantas kebodohan dan kemaksiatan, pendidik harus memiliki karakteristik Qur’ani dengan pendekatan yang persuasif dan konstruktif. Meskipun Al-Qur’an menyebutkan setidaknya empat klasifikasi pendidik, pada dasarnya semuanya memiliki "kesamaan" dalam membina anak didik sesuai dengan objeknya masing-masing dan berujung pada penegakan kalimatullah. Mengenai keikhlasan pendidik dalam Al-Qur’an, mereka diharapkan tidak mengharapkan imbalan apa pun saat mentransfer ilmu kepada orang lain, yang perlu ditanamkan sejak dini. Namun, sebagai pendidik, mereka memiliki dua kewajiban bersamaan: menyampaikan ilmu dan mencerdaskan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan hidupnya. Kedua kewajiban ini harus terpenuhi tanpa mengurangi keikhlasan yang dianjurkan dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, pendidik menurut Al-Qur’an adalah penentu kebaikan generasi muda masa depan, karena di tangan pendidiklah generasi muda akan menjadi generasi yang tangguh dan siap melanjutkan estafet kepemimpinan masa depan yang lebih damai dan sejahtera sesuai dengan ajaran Al-Qur’an.
References
Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan berdasarkan al-Qur’an, Rineka Cipta, Jakarta, 2003
Abdurrahman, Acep Lim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Diponogoro, Bandung, 2003
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Gaya Media Pratama, Jakarta, 2005
E.Q., Tafsir Ayat – ayat Pendidikan, MARJA, Bandung, 2007 Al-Ahwani, Ahmad Fu’ad. Al-Tarbiyah fi al-Islam. Mesir: Dar al-Ma’arif, t.t
Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani Jilid 15, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Libanon
al-Attas, Muhammad Naguid. 1994. Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Burusawi, Ismai’l Haqqi, Tafsir Ruh al-Bayan Jilid 10, Dar al-Fikr, Libanon Al-Ghazali, Ringkasan Ihya’ Ulumuddin, Pustaka Amani, Jakarta 1995
Al-Ghazali. 1939. Ihya’ ‘Ulumuddin. Beirut: Dar al-Fikr.
Ali Ash-Shabuni, Muhammad, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, Pustaka Amani, Jakarta, 2001
Al-Jaza’iri, Abi Bakar Jabir, Aisaru at-Tafasir Jilid V, al-Ulum Wa al-Hikam, Madinah Al-Khazin, Tafsir al-Khazin Juz 6, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Libanon
Al-Qur'an dan Terjemahan. Jakarta: CV Samara mandiri.
Al-Qurtubi, al-Jami’ Li Ahkami al-Qur’an Juz 14, Dar al-Fikr, Libanon
Al-Wasit.Kamus Arab. Jakarta: Mahta Angkasa. Bisri, A. M. (1999).
an-Nahlawi, Abdurrahman. 1989. Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga Di Sekolah Dan Di Masyarakat, terj. Herry Noor Ali, judul asli Ushul at-tarbiyat al- Islamiyah wa Asalibiha. Bandung: Diponegoro.
an-Naquib, Al Attas Syekh Muhammad. 1988. Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan.
Anwar Masy’ari, Akhlak al-Qur’an, Bina Ilmu, Surabaya 2007 Arifin, H. M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
Ar-Razi, at-Tafsir al-Kabir Jilid 15, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Libanon
As-Suyuti, Riwayat Turunnya Ayat-ayat Suci al-Qur’an, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1986
Atang Abdul Hakim – Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung 2007
Athiyah al-Abrasy, Muhammad, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2003
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV. Asy-Syifa, Semarang 1999
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya 1994
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Pustaka al-Husna, Jakarta 1992
Husain, Syed Sajjad, dan Syed Ali Asraf. 1979 Krisis Pendidikan Islam, Bandung: Risalah.
Jalal, Abdul Fatah. 1997. Min al-Ushul at-Tarbawiyyah fi al-Islam. Mesir: Dar al-Kutub al- Mishriyyah.
Jurjanji, A. At-Ta'rifat. Tunisia: Dar al Tunisiyat.
Kamus Al-Bisri. Surabaya: Pustaka Progresif. Depag RI. (1999). M.Arifin H., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1996)
Ma’luf Luis, al-Munjid Fi al-Lughah, al-Maktabah al-Syarqiyah, Bairut 1986
Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al- Ma’arif.
Moesa, Ali Maschan, NU, AGAMA DAN DEMOKRASI, Pustaka Da’i Muda, Surabaya 2002
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung 2007
Muhaimin. (2005). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional. Cet. Ke-9 Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawwir. (1987). Kamus Al Munawwir. Yogyakarta: Pondok Pesantren Al Munawwir.
Ramayulis. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Mursi, Muhammad Munir. 1982. at-Tarbiyat al-Islamiyah: Usuluha wa Tatwiruha fi al-Bilad al- ’Arabiyah. Kairo: ‘Alam al-Kutub.
Nana Sujana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung 2008
Nanang Gojali, Manusia, Pendidikan dan Sains, Rineka Cipta, Jakarta 2004
Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran al-Qur’an, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta 1998
Nasution, Harun. 1990. Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, Cet. 7 Jakarta: Bulan Bintang. Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Toeritis dan Praktis. Jakarta:
Ciputat Perss.
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru ; Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta 2008
Poerwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta 1982 Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta 2001 Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Rohimin, Metodologi Ilmu Tafsir, Pustaka Belajar, Yogyakarta 2007 Shihab, M. Quraish, Tafsir al – Mishbah Vol. 6, Lentera Hati, Jakarta 2007
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Mishbah, Volume 7. Jakarta: Lentera Hati.
Siddik, Dja’far. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media.
Sulaiman, R. (2000). Fiqh Islam. Bandar Lampung: Gunung Pesagi. Yunus, M. (1990). Kamus Bahasa Arab. Jakarta: PT. Hidakarya.
Suprayogo, Imam. 1999. Pendidikan Berpradikma al-qur’an. Malang: Aditya Media.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad, 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset. Yunus, Mahmud. 1992. Kamus Bahasa Arab Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung
Copyright (c) 2025 Yeti Dewanti, Feky Fuji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




