Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B di PAUD Budi Mulya Bengkulu Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah dengan diterapkanya metode proyek diharapkan dapat meningkatkan meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan model penelitian kemmis dan Mc Taggaet yang terdiri dari tahap perencanaan (Plan), Pelaksanaan Tindakan (Act), Observasi (Observe) dan refleksi (Reflect), dalam pelaksanaanya dilakukan selama 3 siklus dengan subjek penelitian anak kelompok B di PAUD Budi Mulya Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 anak yakni 2 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan dianalisis menggunakan persentase dan rata-rata untuk mengetahui peningkatan antar siklus menggunakan analisis t-test (test”t”). Hasil penelitian yaitu: pada tahap persiapan guru menetapkan tujuan, tema tanaman, dan sub tema bunga pada setiap siklus, penetapan bahan dan alat sampai pada siklus 3 sesuai dengan kebutuhan yang ingin dilakukan pada setiap siklusnya, kemudian guru membagi 2 kelompok anak, terakhir menetapkan rancangan Tahap pelaksanaan terbagi atas 3 tahapan yakni, tahap pra pengembangan, tahap kegiatan pengembangan, dan tahap kegiatan penutup. Tahap penilaian, guru meminta anak menyebutkan kelebihan dan kelemahan kegiatan yang telah dilakukan anak, anak diminta mempresentasikan/menceritakan hasil proyek yang telah dilakukan, guru memberikan penilaian proses dan produk hasil kerja anak. Hasil akhirnya penerapan metode proyek ini dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak dilihat dari uji-t antar siklus meningkat secara signifikan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT Rineka Cipta.
Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multiple di Dalam Kelas. Diterjemahkan oleh: Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta: PT Indeks.
Musfiroh ,Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah Multiple Intelligence Pada Anak Sejak Usia Dini). Jakarta: PT Grasindo.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, J.J. Reza dan Andriani, Yeni. 2009. (Multiply Your Multiple Intelligences). Yogyakarta: Andi
Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan konseling Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat
Copyright (c) 2021 Rici Oktari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.