Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru bagi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah di SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan

  • Nelda Sari Siregar Universitas Terbuka Bengkulu
  • Novia Ismi Safadila Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Suhaimi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan
Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan Sistem Zonasi, Madrasah, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena implementasi penerimaan peserta didik baru dalam penyesuaian kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi, peneliti menyoroti salah satu sekolah yang cukup tanggap menghadapi penerapan sistem zonasi, yaitu SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan pihak sekolah selama penerimaan peserta didik baru sistem zonasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu: 1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru dalam kebijakan sistem zonasi menghindari adanya penumpukkan calon siswa yang berkualitas tinggi, dan memudahkan siswa menuntut ilmu karena sekolah yang dekat dari rumah. Calon peserta didik yang berasal dari lulusan SD atau MI di Bengkulu Selatan maupun di luar Bengkulu Selatan dapat melakukan pendaftaran di SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan 2) Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dalam kebijakan sistem zonasi dapat mengatasi permasalahan pendidikan yang bertujuan untuk pemerataan pendidikan diseluruh sekolah. Pendaftar yang berasal dari MI yaitu 42 siswa, sedangkan dari SD yaitu 318 siswa. 3) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi ditanggapi positif untuk siswa dalam raidus zonasi sekolah yang diminati, namun PPDB sistem zonasi dianggap negatif untuk siswa yang berada di luar dari radius zonasi sekolah yang diminati, sehingga pihak sekolah berupaya mengoptimalkan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi agar tidak mengalami kesenjangan antarsiswa. Peserta didik yang diterima yaitu 20 siswa  berasal dari MI dan 297 siswa dari SD

References

Agustina, Nora, 2018. “Perkembangan Peserta didik” Yogyakarta: Deepublish.

Anselmus, JE Toenlioe, 2016. “Teori dan Filsafat pendidikan” Malang:Gunung Samudera

Biru Naga. “Data Sekunder Dan Data Primer”. Retrived from Https//: Nagabiru86. Wordpress. Com/2009/06/12/Data-Sekunder-Dan-Data-Primer.

Chomaidi dan Salamah, 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi dan Pembelajaran Sekolah Jakarta : PT Grasindo.

Dahwadin dan Sifa Nugraha Farhan, 2019. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jawa Tengah:CV. Mangku Bumi Media.

Deliar Noer, 1995. “Gerakan Modern Islam di Indonesia”. LP3ES: Jakarta, .

Ismaya, Bambang, 2015. “Implementasi Pendidikan”, Bandung:Pt.Refika Aditama.

Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Julianto, Alfin. & Fitriah Anisah. 2021. Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an di SMPN 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1(2): 175-184. . Retrieved from http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28.

Kintamani Dewi Hermawan Ida, 2017. “Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan” Sleman:Deepublish.

Krisitiawan, Muhammad, 2017 “Manajemen Pendidikan” Sleman: Budi Utama.

Mubarak, A. Zaki, 2019. Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru: Studi Komperatif Australia Dan Indonesia, Depok: Gading Pustaka.

Nurdin, Diding & Sibaweh Imam, 2015. “Implementasi pendidikan dari teori menuju implementasi” Depok: Rajagrafindo persada.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Setjen, Kemendikbud, 2018. “Sistem Zonasi Strategi Pemerataan Pendidikan yang Bermutu dan Berkeadilan” : Jakarta.

Sunaengsih, Cucun, 2017. “Buku Ajar Implementasi Pendidikan” Sumedang:UPI Sumedang Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabet.

Published
2021-09-23