Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Jiwa Agama Siswa

  • Salimudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Kermi Diasti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
Keywords: Pembelajaran PAI, pemahaman Jiwa Agama Siswa

Abstract

Pendidikan adalah proses pengajaran yang bertujuan menyeluruh, baik berupa transformasi pengetahuan,  pengahayatan, dan penyadaran serta pembentukan sikap atau perilaku. Tujuan Pendidikan Agama Islam untuk membentuk prilaku yang baik dan mempunyai jiwa yang sehat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis data statistik. Penelitian kuantitatif. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Jiwa Agama Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan, berdasarkan hasil uji statistik dinyatakan terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini terbukti dari perhitungan korelasi product moment yang diambil dari responden siswanya dengan nilai positif sebesar 0,696 antara pengaruh pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman jiwa keagamaan siswa di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan. Apakah koefisien korelasi hasil perhitungan tersebut signifikan (dapat digeneralisasikan) atau tidak, maka perlu dibandingkan dengan r hitung, dengan taraf kesalahan di tetapkan 5% (kepercayaan) dan N (36), maka r tabel = 0,329. Ternyata harga r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,696 > 0,329. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh anatara pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman jiwa agama siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan.

References

Abdul, A. 2014. Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Isnani

Abdullah, M. 2010. Menjadi Guru Yang Sukses & Berpengaruh, Surabaya: Elba

Daradjat, Z. 2015. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang

Daud, M. A. 2010. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponogoro

Fitrianah, N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di SMA Negeri 01 Tanggerang, Skripsi, UIN Syarif Tanggeran

Hanifah, N. 2014. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Anak Pada Program Paket C Di Lembaga Permasyarakatan Anak Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga

Hasan, S. A. 2012. Fiqih Ibadah .Jakarta: Pustaka AL-Kautsar

Jalaluddin. 2001. Psikologi Agama, Jakarta:PT Raja Grafindo

Jihad Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Yoyakarta: Multi Pressindo

Lur, K. R. 2010. Kesehatan Mental,Yogyakarta: Fajar Media Press

Mahmud,. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Noer, H. A. 2003. Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani

Rahyubi, H. 2012. Teori- teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung: Nusa Media

Rajab, K.2014. Psikologi Agama, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Samsul, N. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press

Siregar, S. 2015. Statistik Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Prenamedia Group

Sofiyah,S. 2013. Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Perilaku Jiwa Keagamaan Siswa Kelas VII SMP Salatiga. Skripsi, STAIN Salatiga

Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono.2015. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Rineka Cipta. h.178

Tohirin 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo

Published
2021-09-25