Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Jiwa Agama Siswa
Abstract
Pendidikan adalah proses pengajaran yang bertujuan menyeluruh, baik berupa transformasi pengetahuan, pengahayatan, dan penyadaran serta pembentukan sikap atau perilaku. Tujuan Pendidikan Agama Islam untuk membentuk prilaku yang baik dan mempunyai jiwa yang sehat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis data statistik. Penelitian kuantitatif. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Jiwa Agama Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan, berdasarkan hasil uji statistik dinyatakan terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini terbukti dari perhitungan korelasi product moment yang diambil dari responden siswanya dengan nilai positif sebesar 0,696 antara pengaruh pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman jiwa keagamaan siswa di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan. Apakah koefisien korelasi hasil perhitungan tersebut signifikan (dapat digeneralisasikan) atau tidak, maka perlu dibandingkan dengan r hitung, dengan taraf kesalahan di tetapkan 5% (kepercayaan) dan N (36), maka r tabel = 0,329. Ternyata harga r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,696 > 0,329. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh anatara pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman jiwa agama siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan.
References
Abdul, A. 2014. Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Isnani
Abdullah, M. 2010. Menjadi Guru Yang Sukses & Berpengaruh, Surabaya: Elba
Daradjat, Z. 2015. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang
Daud, M. A. 2010. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponogoro
Fitrianah, N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di SMA Negeri 01 Tanggerang, Skripsi, UIN Syarif Tanggeran
Hanifah, N. 2014. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Anak Pada Program Paket C Di Lembaga Permasyarakatan Anak Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga
Hasan, S. A. 2012. Fiqih Ibadah .Jakarta: Pustaka AL-Kautsar
Jalaluddin. 2001. Psikologi Agama, Jakarta:PT Raja Grafindo
Jihad Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Yoyakarta: Multi Pressindo
Lur, K. R. 2010. Kesehatan Mental,Yogyakarta: Fajar Media Press
Mahmud,. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Noer, H. A. 2003. Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani
Rahyubi, H. 2012. Teori- teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung: Nusa Media
Rajab, K.2014. Psikologi Agama, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia
Samsul, N. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press
Siregar, S. 2015. Statistik Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Prenamedia Group
Sofiyah,S. 2013. Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Perilaku Jiwa Keagamaan Siswa Kelas VII SMP Salatiga. Skripsi, STAIN Salatiga
Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono.2015. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Rineka Cipta. h.178
Tohirin 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo
Copyright (c) 2021 Salimudin, Kermi Diasti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.