UPAYA MEMILIH TEKNOLOGI YANG TEPAT UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

UPAYA MEMILIH TEKNOLOGI YANG TEPAT UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Nashoihid Diniyah Univesitas Islam Negeri Ali Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mar’atus Sholikhah
  • Zaini Fasya
  • Agus Purwodidodo
Keywords: Teknologi, Media, Pembelajaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kriteria dalam memilih teknologi, jenis-jenis teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran, kelebihan dan kekurangan media website, serta urgensi teknologi dalam mendukung proses pembelajaran yang berkualitas Latar belakang  kajian ini adalah adanya kebutuhan untuk memilih media teknologi yang tepat dalam mendukung pembelajarean PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah seperti buku, jurnal, regulasi pendidikan, dan dokumen yang relevan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kriteria dalam memilih teknologi untuk pengembangan media pembelajaran antara lain yaitu, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, kemudahan penggunaan dan penguasaan teknologi oleh guru, ketersediaan dan kesesuaian sarana dan prasarana, biaya dan efisiensi penggunaan, mutu teknis dan kualitas media, fleksibilitas dan ketahanan media, praktis dan luwes dalam pemanfaatan, kompatibilitas dengan sistem pembelajaran. Jenis-jenis teknologi dalam pengembangan media pembelajaran antara lain Multimedia Interaktif, Digital Video dan Animasi, Podcast, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Game Based Learning (GBL), Media Audio, Visual, dan Audio Visual Tradisional, Aplikasi Pembelajaran dan Website Pembelajaran Online Artificial Intelligence (AI), Simulasi dan Webinar, Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kolaborasi Online. Kelebihan media website dalam pengembangan media pembelajaran yaitu aksesibilitas yang mudah dan fleksibel, mendukung pembelajaran mandiri, menyediakan beragam materi dan evaluasi, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, kemudahan pembaruan konten, mendorong kemandirian dan aktivitas belajar. sedangkan kekurangannya berkurangnya interaksi langsung, ketergantungan pada koneksi internet, variasi pemahaman peserta didik, minimnya pengawasan dan disiplin belajar, proses pengembangan yang memakan waktu, keterbatasan materi dan pengujian, kesulitan bagi siswa dengan kemampuan teknologi rendah. Urgensi teknologi dalam pengembangan media pembelajaran yaitu meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran, mendorong keterlibatan dan motivasi siswa, menjawab tantangan pendidikan di era digital, mendukung pembelajaran fleksibel dan aksesibilitas, meningkatkan inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran, dan mengurangi kesenjangan akses pendidikan

Kata kunci: Teknologi, Media, Pembelajaran

Published
2025-09-30