Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi di Era Revolusi Industri 4.0

  • Amir Syofian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan, Indonesia
Keywords: Bahasa Indonesia, literasi, perguruan tinggi, revolusi industri

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi sebagai upaya menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0. Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku, artikel, jurnal, dan atau sumber tertulis lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi sangat strategis untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Implementasi dalam pembelajaran dilakukan dengan penguatan literasi lama dan literasi baru. Literasi lama berkaitan dengan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Literasi baru mencakup literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Untuk mendukung itu semua, pembelajaran Bahasa Indonesia harus memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemampuan mahasiswa dalam berliterasi data, teknologi, dan manusia yang mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkreativitas, berpikir kritis, kolaboratif, dan komunikatif sebagai keterampilan yang dibutuhkan pada era Revolusi Industri 4.0.

 

References

Ahmadi, F. 2017. Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). (D. M. Wijayanti, Ed.) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Astuti, T. W. R. N. I. 2017. ―Model Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Komputasi. Jalabahasa, 13, 181—192. Retrieved from http: //www.jurnal.balaibahasajateng.i d/index.php/jalabahasa/article/vie w/86
Dikti, D. 2013. Materi Kuliah Mata Kuliah Bahasa Indonesia. 1st ed. Jakarta: Kemendikbud.
Hassoubah, Z. I. 2004. Developing Creative and Critical Thinking Skill (Cara. Berpikir Kreatif dan Kritis. 2nd ed. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.
Henry, A. 2017. ―New Literacies: A Dual Level Theory of the Changing Nature of Literacy, Instruction, and Assessment. Journal of Education, 197(2), 1150–1181. Retrieved from https:62 //journals.sagepub.com/doi/abs/1 0.1177/002205741719700202
Heryati, Y. 2015. “Model Program dan Pelaksanaan Perkuliahan MKU Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif-Analitis terhadap Program dan Pelaksanaan Perkuliaham MKU Bahasa Indonesia di Fakultas Sain dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung).” ISTEK, IX.
Ibda, F. A. H. 2018. Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. 1st ed. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Ibda, H. 2018. ―Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I, 1–21.
Mills, K. 2010. ―A Review of the Digital Turn in the New Literacy Studies.‖ Review of Educational Research, 80(2), 246–271.
Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif (II). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Munandar, U. 2004. Pengembangan Emosi dan Kreativitas (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Murtono. 2014. “Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia dalam Menulis Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Melalui Collaborative Writing And Multiple Drafting,” Media Penelitian Pendidikan, 8. https: //doi.org/http: //dx.doi.org/10.26877/mpp.v8i1 %20juni.711.
Nurwadani, Paristiyani. 2016. Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. 1st ed. Jakarta: Kemenristek Dikti.
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian (1st ed.). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ristekdikti. 2018. “Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.” Ristekdikti.Go.Ig.
Roysa, M. 2014. “Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa.” In Subyantoro dan Tommi Yuniawan (Ed.), Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 (p. 35). Semarang: Duta Publishing Indonesia.
Suaramerdeka.com. 2018. “Kemristekdikti Siapkan Literasi Baru Pendidikan Tinggi.” Suaramerdeka.Com. Retrieved from https: //www.suaramerdeka.com/smcet ak/baca/62721/kemristekdiktisiapkan-literasi-baru-pendidikantinggi
Syarifudin. 2014. “Information and Communications Technology Literacy.” Jurnal Penelitian Komunikasi, 17, 153–164. https: //doi.org/https: //doi.org/10.20422/jpk.v17i2.14
Tarigan, H. G. 1981. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 1st ed. Bandung: Angkasa.
Tobroni, I. S. 2003. Metodologi Penelitian Sosial Agama. 1st ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wheeler, S. W. D. 2009. “Using Wikis to Promote Quality Learning in Teacher Training.” Learning, Media and Technology, 34 (1), 1–10. Retrieved from https: //eric.ed.gov/?id=EJ834230
Wihadanto, Ake. 2017. “Entepreneurleadership di Era Revolusi Industri 4.0.” In Upacara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2017/2018. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-09-25