Dominasi Penilaian Aspek Kognitif Terabaikannya Aspek Afektif dan Psikomotorik
Abstract
Penilaian aspek kognitif mengukur kemampuan berpikir, pengetahuan dan pemahaman, penilaian aspek afektif mengukur nilai, sikap, minat, motivasi, dan karakter peserta didik, dan penilaian psikomotor mengukur keterampilan fisik atau kemampuan melakukan suatu tindakan nyata berdasarkan hasil belajar.Penilaian hasil belajar di lembaga pendidikan pada umumnya masih berfokus pada aspek kognitif, sementara evaluasi afektif dan psikomotorik sering diabaikan. Lemahnya penilaian afektif menyebabkan nilai-nilai karakter siswa tidak terpantau secara optimal, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku sehari-hari. Selain itu, kurangnya perhatian terhadap aspek psikomotorik menjadikan keterampilan praktis dan kemampuan aplikasi siswa tidak berkembang sesuai harapan. Fokus berlebih pada aspek kognitif juga menimbulkan ketidakseimbangan dalam pembentukan kompetensi utuh yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tiga masalah pokok: (1) minimnya instrumen penilaian afektif yang valid dan reliabel; (2) kurangnya pelatihan guru dalam merancang evaluasi psikomotorik yang efektif; dan (3) dominasi tes tertulis yang mengesampingkan pengamatan langsung perilaku dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekaran kualitatif. Hasil penelitian adalah menjadi dasar pengembangan strategi evaluasi yang lebih holistik demi tercapainya tujuan pendidikan yang seimbang dan menyeluruh.
References
Arifin, Z., & Mutiah, L. (2020). Pengembangan Model Penilaian Sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 80–91.
Astuti, R. (2022). Penilaian Afektif sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 210–218.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Fauziah, N., & Zubaidah, E. (2020). Pengembangan Rubrik Penilaian Psikomotorik pada Praktikum IPA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(2), 177–186.
Fitriani, Y., & Pramudibyanto, H. (2020). Penguatan Penilaian Afektif di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Basicedu, 4(4), 1173–1181.
Hidayati, L., & Firmansyah, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Holistik di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Nusantara, 4(2), 55–62.
Kurniawan, A., & Wahyuni, R. (2022). Strategi Peningkatan Keterampilan Praktik Siswa melalui Penilaian Kinerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 15–23.
Ningsih, T. S., & Sunardi. (2023). Penilaian Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 12–21.
Nurhayati, D., & Aminah, S. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 45–52.
Putri, R. N., & Ramadhani, F. (2021). Implementasi Penilaian Psikomotorik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 198–205.
Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Sari, K. (2020). Peningkatan Penilaian Psikomotorik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 134–140.
Rahmawati, D., & Yusuf, M. (2022). Studi Kualitatif Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 210–218.
Salim, U., & Syamsudin, U. (2021). Strategi Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan, 7(1), 45–52.
Setiawan, H., & Yuliana, E. (2019). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 30–38.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, I., & Wijayanti, D. (2023). Analisis Kualitas Penilaian Guru pada Domain Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 1–9.
Wicaksono, R., & Nurhadi, M. (2021). Evaluasi Hasil Belajar: Tantangan dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(1), 25–33.
Yusuf, M., & Hidayat, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 421–428.
Copyright (c) 2025 okta viola ramadhani viola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




