Upaya-upaya Strategis Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya-upaya Strategis Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan tahun 2017. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif data digunakan dalam melakukan analisis data dengan gambaran yang dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukanbabahwa upaya-upaya strategis peningkatan kualitas guru pendidikan agama islam dan perstasi belajar siswa dipengaruhi oleh perencanaan dan factor pendukung. Perencanaan yang dimaksud meliputi proses persiapan penerimaan guru Pendidikan agama Islam, mentoring dan pengawasan terhadap guru pendidikan agama islam oleh kepala sekolah dan pihak Yayasan Al-Kair, pembinaan terhadap guru Pendidikan agama islam dalam membaca al-quran, dan kegiatan malam bina iman dan taqwa.
eknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan/sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa: 1.) Langkah-langkah Perencanaan Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam dan prestasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan: 1. Mempersiapkan perangkat proses penerimaan guru pendidikan agama islam. 2. adanya kegiatan mentoring bagi guru Sekolah menengah pertama islam terpadu. 2.) Faktor pendukung peningkatan kualitas guru pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama islam terpadu adalah 1. Sarana prasarana yang memadai, 2. Kinerja yang baik dilakukan oleh pengurus yayasan Al-Khair dan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru pendidikan agama islam. 3. hasil peningkatan kualitas guru pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama islam terpadu adalah 1. siswa sekolah menengah pertama islam terpadu meraih nilai rata-rata 80, 2.siswa sekolah menengah pertama islam terpadu sering menjuarai perlombaan pendidikan agama islam di kabupaten bengkulu selatan
References
Abu Ahmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan Yogyakarta: Aditya Media,1996
Anshori, Transformasi Pendidikan Islam.Jakarta: Gaung PersadaPress, 2015
Amirul hadi, dan haryono, metodologi penelitian pendidikan, II Bandung: pustaka setia, 1998
Basrdim M. Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta : Ciputat Press,2004
Burhan Bungin, Penelitan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana 2007
Efendi Andri,aspek-aspek penilaian guru PAI jawa tengah, Indonesia, 2 Agustus 2014
Eka Agusniar, Kemampuan Profesional Guru Bidang Studi PAI dalam Meningkatkan prestasi Belajar, Jurnal Imiah DIKAKTIK, Agustus 2015
Elhefni, peningkatan hasil belajar PAI dengan model pembelajaran koopratif tipe think pair share,(Palembang: IAIN Raden Fatah, jurnal, edesi Nopember 2010)
HadiSutrisno, metodologi reseacrh IIyogyakarta: Yayasan penerbit Fak. Psikologi UGM, 1993
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2011
Hasbullah,Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,Jakarta: Raja Grafindo Persada,2005
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitan Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
MajidAbdul dan Andayani Dian,Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya,2005
Mohtar Kusuma, M.Pd, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2005
M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta,2005
Miles Mattew B. & Huberman A. Michael, Analisi data Kualitatif (Penerjemah : Tjetjep Rohendi Rohandi),Jakarta: UI Pers, 1992
Nana sudjana, Dasar-dasra PMB, Bandung: sinar Baru,1989
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan,Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995
Roqib, Moh. Kepribadian Guru sebagai Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2011
Sadirman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:Rajawali Press, 2010
Sodih SukmadinataNana,metodologi penelitian pendidikan(Bandung: remaja sodakarya, 2005
Suharsimi arikunto, Manajemen Penelitian.Jakarta: rineka cipta, 2014
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta,2003
Sutrisno Hadi, Metodologi Research Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM,1989
Syaiful Bahri djamarah, prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: usana Offset Printing, 1994
Tafsir Ahmad,Ilmu pendidikan dalam persepektif Islam, Bandung:remaja rosdakarya, 2014
Winkel, W.S, psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Yogyakarta: FIP. Sanata Dharma, 1993
Copyright (c) 2021 Miki Suprianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.