Membangun Kompetensi High Order Thinking Skills Melalui Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Metro
Abstract
Mudahnya akses informasi bagi masyarakat membuka pemikiran baru, jika dipahami secara seksama akan menimbulkan konflik, banyaknya persoalan tentang penerapan hukum syariat Islam menjadi polemik besar yang harus diperhatikan untuk memecahkan permasalahan, salah satunya dengan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas pembelajara Pendidikan Agama Islam dalam membangun kompetensi High Order Thinking Skills, mengetahui kompetensi High Order Thinking Skills, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses aktivitas pembelajaran (PAI) dalam membangun kompetensi High Order Thinking Skills.Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentaasi, mengggunakan teknik analisis data SWOT. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pembelajaran (PAI) di SMP Negeri 1 Metro sudah mewujudkan kompetensi High Order Thinking Skilss ditandai dengan adanya hasil belajar peserta didik yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti akhlak, ibadah, dan muamalah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa membangun kompetensi High Order Thinking Skills pada peserta didik, seorang guru harus memiliki kompetensi seperti pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, membangun kompetensi High Order Thinking Skills memiliki faktor penghambat dan pendukung, faktor pendukung seperti sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran (PAI) yang dianggap masih kurang oleh pendidik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran (PAI).
Kata Kunci : Kompetensi HOTS, Aktivitas, Pendidikan Agama Islam (PAI).
References
Amri, S., Ismawati, T., & Armila, A. (2020). Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syech Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 77-88.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248.
Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
M.Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif’, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Nurul Zuriah, Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan, Malang: Bumi Angkasara, 2007.
Purnaida, “Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar HOTS Pada Peserta Didik Kelas IV MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup”, Albidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 10, No.2, Desember 2018.
Reksiana, R., Aziz, A. A., & Rarasati, I. P. (2020). Reflective-Metacognitive Learning (RML) in Achieving Higher Order Thingking Skills (HOTS) of KKNI Curriculum. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 145-157.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Wulandari, I., Subandi, S., Jannah, R., & Mispani, M. (2020). Implementasi Nilai–Nilai Religius Bagi Peserta Didik (Studi Pada MI Terpadu Darul Ulum dan SD Negeri 5 Lempuyang Bandar). Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 153-163.
Zainab, K. S. (2020). Desain Program Pembelajaran Perspektif Keberagamaan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 141-157.
Copyright (c) 2020 Rissalah Hanifiyah, Heri Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.