Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Kooperatif Model Nmbered Heads Together

  • Muhamad STAI AL-MA’ARIF BARADATU WAY KANAN
Keywords: Numbered Heads Together, Prestasi Belajar, Kooperatif Model

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui penerapan kooperatif model nmbered heads together pada siswa kelas vi sdn 01 baradatu kabupaten way kanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa  Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Baradatu Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil Belajar siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran adalah 38,46% dan setelah menggunakan Metode Pembelajaran Model Numbered Heads Together nilai afektif siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran adalah  92,31% jadi memcapai peningkatan nilai psikomotor secara klasikal sebesar 53,85%. Sebelum menggunakan Metode Pembelajaran Model Numbered Heads Together dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Baradatu nilai Dokumen portofolio siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran adalah 49,67% dan stelah menggunakan Metode Pembelajaran Model Numbered Heads Together nilai afektif siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran adalah 86,67% jadi memcapai peningkatan nilai psikomotor secara klasikal sebesar 37,00%. Penerapan Metode Pembelajaran Model Numbered Heads Together mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode pembelajaran demonstrasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci:Numbered Heads Together, Prestasi Belajar, Kooperatif Model

References

e
Published
2021-08-16