PERAN IMAN, ISLAM, DAN IHSAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

  • Intan Yunita UIN Walisongo
  • Tiara Bilqis UIN Walisongo
  • Shifna Maulida Qudsi UIN Walisongo
Keywords: Iman, Islam, Ihsan, Pendidikan karakter, Peran nilai, Tantangan Implementasi

Abstract

Artikel ini mengkaji peran strategis serta tantangan dalam menerapkan nilai-nilai Iman, Islam, dan Ihsan dalam pendidikan karakter siswa. Ketiga nilai fundamental ini tidak hanya menjadi landasan spiritual dalam kehidupan beragama, tetapi juga berkontribusi langsung terhadap pembentukan sikap, perilaku, dan etika peserta didik. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi literatur, artikel ini menemukan bahwa nilai-nilai tersebut berperan penting dalam menanamkan kejujuran, tanggung jawab, empati, dan etos kerja. Namun, implementasinya menghadapi sejumlah tantangan, seperti kurangnya keteladanan dari pendidik, minimnya integrasi dalam kurikulum, serta pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan aktif dari seluruh elemen pendidikan, termasuk guru, orang tua, dan institusi, dalam membangun karakter siswa secara holistik berdasarkan nilai-nilai spiritual Islam. Temuan ini diharapkan dapat memperkuat arah kebijakan dan praktik pendidikan karakter di lingkungan pendidikan Islam.

References

Ariani, W., & Munchtar, N. E. P. (2024). INTERPRETASI ILMU DAN IMAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM IBNU SINA. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 25–36.
Ayu, S. M., Kosasih, A., Hermawan, W., Rosidin, A., & Amatuallah, Z. A. (2024). A Holistic Approach to Character Education: Integration of Governance, Islamic Values, and School Culture. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 7(2).
Badrudin, Komariah, A., Kurniady, D. A., Nuphanudin, & Rosalin, E. (2021). Strengthening Student Character Based on Sufism Values: An Insight into Ethical Leadership Practices. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6), 3115–3123.
Bentri, A., Hidayati, A., Rahmi, U., & Amsal, M. F. (2018). Identification of Character Values Developed in Early Childhood Education. In Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Paris, France: Atlantis Press. doi:10.2991/icece-17.2018.35
Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Hadiamsyah, Y., & Meidina, A. R. (2024). Educational Challenges and Islamic Values in the Age of Disruption. Interdisciplinary Journal of Social Science and Education (IJSSE), 199–210. doi:10.53639/ijsse.v2i3.52
Ihwanto, M. A., Sutoyo, A., & Sudarmin, S. (2017). Desain Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Ihsan bagi Siswa MI NU Salafiyah Kudus. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(1), 1–10.
Istiqomah, M. (2022). KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: IMAN ISLAM IHSAN SYARAH ARBAIN NAWAWI KARYA IMAM AN NAWAWI DAN SYARHUL ARBA’INA HADITSAN AN NAWAWI KARYA IBNU DAQIQIEL ‘IED .
Latifi, A. (2024). Necessary Competencies to Bridge the Gap between Educational Theory and Practice; an Explanation Based of Islamic Theosophy. Quarterly Journal of Islamic Education, 19(47).
Masruroh, S., EQ, N. A., & Suhartini, A. (2021). Implementasi Nilai Iman,Islam Dan Ihsan Pada Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi Umum. Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Keterampilan Abad 21, 2(1).
Maulana, M. W. I. (2022). PENGARUH SHALAT LIMA WAKTU TERHADAP KEDISIPLINAN DIRI. Jurnal Sudut Pandang (JSP) EISSN, 2(12).
Muthohar, A. (2021). Implementation and Development Models of Character Education in School. TARBIYAH WA TA’LIM , 8(2).
Naila, F., & Intan, F. (2018). KONSEP IMAN, ISLAM DAN TAQWA.
Nurjannah. (2014). LIMA PILAR RUKUN ISLAMSEBAGAI PEMBENTUK KEPRIBADIANMUSLIM.
Rafiq, muhamad fachri. (2020). Peran Ihsan Dalam Pembentukan Akhlak Manusia. Jurnal Keislaman.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1. doi:10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitati. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Safitri, S. D. (2024). Strategies for Strengthening Character Education Through the Integration of Islamic Values: The Role of Teachers as Role Models in the Context of Contextual Learning. AFKARINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 11–22. doi:10.33650/afkarina.v9i1.9395
Sari, S. S., & Alfatah, A. I. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF SYEKH AHMAD AL-MARZUKI DALAM KITAB AQIDATUL AWAM . Jurnal Islam Nusantara, 5(1), 102–116.
Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.
Syafaruddin, B. (2024). Conceptual Framework of Islamic Education in the Digital Era: Challenges, Opportunities and Strategies. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 3(4), 56–64.
Wardhani, A. E., Istiqomah, N., & Luthfiah, N. (2025). Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam .
Zaini, A. W. (2023). Beyond the Curriculum: Exploring the Influence of Islamic Values and Teacher Role Models on Student Character Formation. AFKARINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 23–34. doi:10.33650/afkarina.v8i2.9389
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan.
Published
2025-03-31