STRATEGI PENGEMBANGAN KETRAMPILAN PENGUATAN (REINFOR CEMENT) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1.BENGKULU SELATAN
Abstract
Dalam meningkatkan belajar siswa ada strategi yang dapat di terapkan oleh guru yaitu dengan menerapkan keterampilan penguatan (reinforment) yang tepat pada siswa. Dengan membrikan penguatan,siswa merasa di hargai segala usaha dan juga presentasi prestasinya. Salah satu tujuan dari diberikanya penguatan (reinsforment) adalah untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Strategi merupakan sala satu paktor yang dapat meningkatkan kualitas pemelajaran,karna siswa akan belajar dengan sungguh sungguh apabila guru melakukan langkah strategi yang tepat,untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu menerapkan strategi yang sesuai dengan situasi dan sikap yang di tunjukan oleh siswa sehingga peroses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektip dan oktimal sala satunya dengan memberikan penguatan (reinsforment). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskritif sabjek yang di gunakan dalam penelitian ini guru pendidikan agama islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi,wawan cara,dan dokumentasi. Data analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pertivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru suda menerapkan dan membiasakan mengajar dengan membri penguatan (reinforment). dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan verbal dan non-verbal.
References
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1): 183.
Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.
Ridlo, A., Ali, N., & Khamid, A. 2020.”Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja)". Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan1(1):1-18.
Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender Dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289.
Copyright (c) 2024 wiwit akriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.