Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah mirisnya Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan. Di SD ini dari 6 orang guru yang ada tidak ada satupun guru yang memiliki kualifikasi Pendidikan Agama Islam sehingga mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di ampuh oleh Kepala Sekolah. Selain itu kekurangan sarana dan prasarana, anggaran biaya, dan jauhnya lokasi Sekolah dari pusat kota menyebabkan kurangnya motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di desa tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan,bagaimana faktor penghambat yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan serta kebijakan strategis Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan alat pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian adalah ; (1) motivasi belajar siswa sangat tinggi disamping itu juga memiliki kendala seperti ; (2) kurangnya fasilitasa pembelajaran ; (3) tidak adanya guru Pendidikan Agama Islam ; (4) kurangnya pengetahuan siswa tentang Pendidikan Agama Islam. Tapi meskipun ada kendala para guru dan Kepala Sekolah terus bersemangat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun media pembelajaran yang digunaka oleh guru di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan media cetak dan media gambar maskipun hanya mempunyai dua media tapi dengan media itu guru bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Angggraini, Irmalia Susi. Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh : Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Madiun. Retrieved from https://scholar.google.co.id.
Asrori, Muhammad. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung : CV Wacana Prima.
Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Emda, Amma. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196. Retrieved from https://scholar.google.co.id.
Eriany, Praharesti dkk. 2014. Studi Deskriptif Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar pada Siswa SMP di Semarang. Psikodimensia. 13 (1). 115-130. Retrieved from https://scholar.google.co.id.
Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kementrian Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung : CV Fokus Media.
Haq, Azhar. Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicrana. 3 (1). 193-214. Retrieved from https://scholar.google.co.id.
Julianto, A. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186
Julianto, A & Prasetyo, I. 2019. Pengelolaan Lahan Bantaran Sungai Bedog Berbasis Komunitas Komunitas Karang Taruna guna Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. ECHOTROPHIC : Jurnal Ilmu Lingkungan 13(1): 1-10. Retrieved from https://ocs.unud.ac.id/index.php/ECOTROPHIC/article/view/47678/30251.
Lamanda, Jamaludin. 2012. Kompilasi Perundang-undangan dan Peraturan-peraturan Tentang Pendidikan. Jakarta : PT Kreasi Prima Jaya.
Rahman, Arief. 2018. Multidimensi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multiple Intelligences dan Dampaknya Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Madrasah Aliyah Bengkulu Selatan. Palembang : CV Amanah.
Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Rusdiana, A. 2015. Kebijakan Pendidikan ( dari Filosofi ke Implementasi). Bandung : Pustaka Setia.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatitatif, dan R&B, Bandung : Alfabeta.
S, Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um, 3(1), 73-82. Retrieved from https://scholar.google.co.id.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2005. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Utari, Wiwik. 2013, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Bengkulu Selatan. (Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quraniyah Manna Bengkulu Selatan. Tidak Dipublikasikan) .
Wati, Lediya, 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Anak Untuk Belajar Al-Quran di Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. (Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quraniyah Manna Bengkulu Selatan. Tidak Dipublikasikan).
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.
Copyright (c) 2021 Feky Fuji Astuti, Ardi Zulhakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.