Pengembangan Karir Guru Sebagai Tenaga Pendidik dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Pengembangan profesionalisme seorang guru dapat dikatakan aspek yang rumit dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena guru tidaklah selalu bertugas sebagai penyalur ilmu pengetahuan namun sebagai pembentuk akhlak dan kepribadian peserta didik. Faktor upah guru yang rendah menjadi penyebab utama rendahnya kualitas guru, sehingga pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan guru dan meningkatkan standar profesionalisme mereka. Strategi pengembangan guru profesional mencakup perubahan paradigma, debirokratisasi, dan pengembangan sikap profesional dan inovatif. Guru perlu terus meningkatkan standar profesionalisme dengan menguasai persyaratan standar, menjalin hubungan pelayanan yang baik, dan mengadopsi inovasi dalam proses pembelajaran. Pengembangan karir guru sebagai pendidik juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena guru memiliki peran vital dalam memberikan arahan, bimbingan, dan pengetahuan kepada murid. Karir guru melibatkan perkembangan dan kemajuan dalam pekerjaan mereka, sehingga perlu terus dikembangkan untuk menuju tercapainya pendidikan yang berkualitas dan lebih baik.
References
Akib, Muh. D. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 19, Nomor 1, Halaman 75-98
Faujiah, Syifa, dkk. (2023). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Jurnal Multidisiplin. Volume 1, Nomor 4, Halaman 886-895
M. Tambunan, Tumpal. (2017). Pengembangan Karir Guru Menuju Indonesia Emas. Artikel Seminar Naional Pendidikan Dasar Negeri Medan. Halaman 227-235
Munawir, Nafisatul, Qonita. (2022). Pengembangan Profesi dan Karir Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 7, Nomor 1, Halaman 75-83
Nurhikmah. (2021). Pengembangan Kompetesi dan Karir Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Profesi Keguruan. Volume 1, Nomor 2, Halaman 1-8
Risdiany, Hani. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam. Volume 3, Nomor 2, Halaman 194-202
Umiyati, Wahyuddin, Yuspiani. (2023). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Journal of Education, Psychology and Counseling. Volume 5, Nomor 1, Halaman 7-12
Yusuf, Risdiany. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3, Nomor 3, Halaman 817-822
Copyright (c) 2025 Muhammad Isal Bastomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.