Problematika Guru Fiqih Kelas X dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan

  • Kanti Aldino Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Vina Putri Rahayu SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QURANIYAH MANNA
  • Fitri Indriani Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Problematika, Kurikulum 2013

Abstract

Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 mengalami banyak kendala dan masalah yang terjadi dikalangan guru. Hal ini dikarenakan setelah diberlakukannya perubahan tersebut guru kesulitan untuk mengubah karena sudah terbiasanya dengan menggunakan kurikulum sebelumnya. Berdasarkan pengamatan yang dilihat bahwa masih banyak guru yang belum menerapkan perubahan dalam kurikulum 2013 seperti metode pembelajaran yang belum berkembang, sumber belajar yang masih terkendala dan masih banyak yang belum memahami penilaian dalam kurikulum 2013. Penulis ingin mengetahui apa problematika guru fiqih kelas X dalam menerapkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan? Dan Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pada pelajaran fiqih kelas X dalam menerapkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan? Tujuan penulis untuk mengetahui cara guru pelajaran fiqih kelas X dalam menerapkan kurikulum 2013 di MAN Bengkulu Selatan. 2. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pada pelajaran fiqih kelas X dalam menerapkan kurikulum 2013 di MAN Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Proses pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil yang penulis dapatkan yaitu Metode yang digunakan oleh guru saat mengajar belum berkembang, sumber belajar untuk pegangan siswa dan guru belum tersedia, sarana dan prasarana belum lengkap seperti infocus, dan guru kesulitan melakukan penilaian sikap dikerenakan di dalam kurikulum 2013 mempunyai bagian-bagian yang perlu dinilai dan penilaian sikap tidak dilakukan di dalam kelas saja tetapi juga perlu dilakukan diluar kelas. 2. Upaya yang dilakukan oleh guru fiqih kelas X untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat media demonstrasi sendiri, kemudian guru harus mencari informasi dari berbagai sumber yang mengenai kurikulum 2013 dan guru mendownload buku elektronik kurikulum 2013 di internet karena sudah disediakan oleh pemerintah.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam.Yogyakarta: Diva Press,

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharun, Hasan, dkk. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Yogyakarta: Pustaka Nurja.

Fatawi, Izzul. 2015. “Problematika Pendidikan Islam Modern” Jurnal Problematika. (7)2 : 1-10.

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 1 No.4.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran.Jakarta:Rineka Cipta.

Julianto, A. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186

Kristiawan, Muhammad, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Nopita, Sari, Nora. 2019. Skripsi: “Problematika Penerapan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu”. Bengkulu:IAIN Bengkulu.

Rahman, Arief. 2018. Multidemensi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multiple Intelligences dan Dampaknya Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan. Palembang: CV. Amanah.

Rahman, Arief. 2018. Resume Metodologi Penelitian untu Karya Tulis Ilmiah. Palembang:CV. Amanah.

Rahma, Melati, Ema. Yuli Utanto. 2016. Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Memahami Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Corriculum and Educational Technology Studies,

Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013”Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol.20, No. 2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, Amir. 2008. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syaodih, Sukmadinata, Nana. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Bahasa Pustaka Dua. 2015. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya Pustaka Dua.

Published
2021-03-29