PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENDORONG PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ISLAM DI INDONESIA.
Abstract
Artikel ini membahas peran Muhammadiyah dalam mendorong perkembangan ilmu pengetahuan Islam di Nusantara. Muhammadiyah, yang merupakan salah satu organisasi keislaman terbesar di tanah air, memiliki peran penting dalam kehidupan beragama di Indonesia memiliki kontribusi signifikan dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengembangan keilmuan berbasis Islam. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif melalui metode kajian literatur, menganalisis dokumen-dokumen resmi Muhammadiyah, literatur akademik, dan data historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammadiyah telah berhasil mendirikan berbagai institusi pendidikan formal, seperti sekolah, universitas, dan pesantren modern, yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, Muhammadiyah juga aktif dalam mempromosikan tafsir Al-Qur'an yang kontekstual, mendorong kemajuan sains dan teknologi, serta memperkuat kajian Islam dalam perspektif keilmuan yang lebih luas. Artikel ini menekankan pentingnya Muhammadiyah dalam menciptakan ekosistem keilmuan yang inklusif dan relevan, sehingga mampu menjawab tantangan zaman sekaligus menjaga identitas keislaman.
Kata kunci: Muhammadiyah; Ilmu Pengetahuan Islam; Pendidikan; Indonesia; Modernisasi Islam.
References
Abdullah Masmuh. (2020). Peran Muhammadiyah Dalam Membangun Peradaban Di Dunia. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 15(1), 78–93. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v15i1.107
Amirudin, N. (2016). Peran Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 45–61. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/129
Damayanti, M., Wahyuni, E. T., Amelia, S., & Subarkah, M. A. (2023). Peran Pendidikan Muhammadiyah Dalam Peluang Dan Tantangan Di Era Digital. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Issn, 8(2), 2528–2492. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.
Harweli, D., & Djambek. (2024). Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Journal on Education, 06(02), 12069–12076.
Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 163. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607
Mursyid, F. K. (2023). The History of Muhammadiyah. Journal of Indonesian History, 11(1), 27–32. https://doi.org/10.15294/jih.v11i1.63236
Pengetahuan, S. (2024). Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam. 06(3), 243–257.
Rusydi, S. R. (2015). Peran Muhammadiyah Konsep pendidikan dan Tokoh. Article, 1((2)), 139–148. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/367
Syaifuddin, M. A., Anggraeni, H., Khotimah, P. C., & Mahfud, C. (2019). Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern Di Muhammadiyah. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–9.
Wahdaniya;, & Fattah, A. (2022). Kontribusi persyarikatan muhammadiyah terhadap perkembangan pendidikan islam di indonesia. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 86–97.
Ya`kub, & Rama, B. (2024). Sejarah perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Pilar, 15(1), 75–93.
Yusra, N. (2018). Muhammadiyah: Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 103. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i1.5269
Copyright (c) 2025 Lilis Sugiati, Dinda Ayu Cahyaningrum, Firza Ardian Prayoga, Arya Indra Prasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.