Metode Pengajaran Nabi Muhammad Saw Dalam Hadist : Study Tentang Pendidikan Karakter di Era Sekarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki akhlak mulia dengan menerapkan metode pengajaran Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter berperan sebagai benteng untuk membangun moral, empati, dan tanggung jawab, yang esensial di era modern. Tanpa pendidikan karakter, generasi muda berisiko tumbuh tanpa pemahaman nilai-nilai moral, kurang peduli terhadap orang lain, serta tidak menghargai perbedaan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengumpulkan data terkait metode pengajaran Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan karakter. Metode keteladanan (uswatun hasanah) yang beliau ajarkan mencakup integritas, kejujuran, kasih sayang, dan tanggung jawab. Pendekatan yang penuh empati, pengajaran bertahap (tadarruj), dialog terbuka, dan pemberian apresiasi atas kebaikan menjadi landasan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik. Penerapan metode ini dalam pendidikan modern tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik, tetapi juga membentuk pribadi yang bijak, berempati, dan bertanggung jawab. Dengan meneladani metode pengajaran Nabi Muhammad SAW, pendidikan karakter dapat mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif dalam masyarakat.
References
Dewantara, K. H. (1935). Perempuan di dalam Pertumbuhan Adab. Wasita, Juli, tahun I, (6).
Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-34.
Habiburrahmanuddin, N. (2022). Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Al-Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Hardivizon, H. (2017). Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis). Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101-124.
Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. Jurnal Kajian
Keagamaan dan Pendidikan, 31.
Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi pembelajaran di abad digital. Gawe Buku. Gawe Buku, 21.
Rudyanto, H. E., & Retnoningtyas, W. A. (2018). Integrasi nilai–nilai karakter melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 34-43.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).
Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI.
Umar, B. (2022). Hadis tarbawi: pendidikan dalam perspektif hadis. Amzah.
Wahidin, A. (2020). Pemikiran Ibn Jama’ah tentang pendidikan karakter.
Copyright (c) 2025 Husnul Khotimah Fadirubun, Siti Amina Agia, Rusyaid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.