Pendidikan Islam di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0.
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang mengeksplorasi dampak kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Pendidikan Islam. Kemajuan teknologi informasi yang tak terelakkan mempengaruhi sektor pendidikan, mendorong digitalisasi sekolah, serta penguasaan teknologi oleh guru dan siswa. Guru memiliki peran krusial dalam keberhasilan pendidikan di era ini, termasuk dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam penggunaan teknologi. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pengumpulan data dari sumber terpercaya seperti jurnal dan buku yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran penting Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan teknologi dan mendorong siswa serta guru untuk menguasai teknologi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Abdullah. (2014). Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Studi Islam di UIN Sunan Kalijaga.
al-Attas, Naquib Syed Muhammad. (1988). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Anggraeni, Ayuningtyas Apriana. (2022). Penerapan Internet of Things (IoT) dalam Mewujudkan Perpustakaan Digital di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Perpustakaan.
Dara, Sawitri. (2023). Internet of Things Memasuki Era Society 5.0. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro.
Ely Nastiti, Abdu Faulinda dan Aghni Rizqi Ni’mal. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Fadjar A., Malik. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Gazali, E. (2018). Pesantren di Antara Generasi Alfa dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri.
Hamzah, Khoiruman Muh. Zuhdy dan Alfi, Muhamad. (2022). Media Pembelajaran dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Multidisiplin Ilmu.
Kadi, Awwaliyah Titi dan Robiatul. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1.
Maemunah. (2018). Kebijakan Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional.
Rahman, Danial. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Santoso, Joseph Teguh. (2023). Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
Semiawan, Conny R. (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sinta, Erina Emi. (2021). Artificial Intelligence (AI). Purbalingga: Bumi Aksara.
Soeherman, dkk. (2020). Industri 4.0 dan Society 5.0. Banyumas: Pena Persada.
Suwito. (2008). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Syerlita, Siagian Rahma dan Irwan. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education.
Tri Kusuma, Indah dkk. (2022), “Studi Kepustakaan Kemampuan Berfikir Kritis pada Pendekatan Teori Konstruktivisme” Matematic Education Jurnal, Vol 5, No 1.
Wibowo, Agus. (2023). Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik
Copyright (c) 2025 Rahmanda Kashfahri, Putri Jelita , Elvina Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.