PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA USIA DINI DI RA HABIBILLAH
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam menyalurkan materi pembelajaran sehingga sangat berdampak terhadap keberhasilan dalam belajar mengajar. Penggunaan media yang baik, , materi dalam pembelajaranakan menjadi mudah di terima oleh anak , maka perlunya guru dalam menyiapkan pembelajaran yang menarik serta memanfaatkan teknologi audiov isual. Penelitian ini bermaksut untuk menggali seberapa besar pemanfaatan media audio dan visual dalam meningkatkan kemampuan berbhasa anak. peneliti memakai metode penelitian tindakan kelas dimana terdiri 4 bagian, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Pada siklus pertama peneliti menggunakan media audio visual. Namun media tersebut dianggap biasa saja dan anak kurang tertarik. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk mengganti alat peraga pada periode kedua dengan beberapa alternatif seperti vidio yang menarik. Dari siklus 1 dapat disimpulkan bahwa 3 dari 12 anak belum mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Kemudian peneliti melakukan perbaikan siklus 2 dengan memperoleh hasil 80% anak mencapai keberhasilan atau 9 dari 12 anak mengalami kemajuan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak lebih menyukai vidio yang menarik karena bagi mereka cukup menarik dan belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Maka, dapat di ambil kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah pemanfaatan teknologi audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menggabungkan kalimat sederhana dalam pembelajaran.
References
Aqib. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Yrama Widya Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV
Alfabeta.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak (Alih bahasa: Mila Rahmawati&Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga
Sudarwan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif (Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora) cetakan ke- 1. Bandung: Pustaka Setia
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Yuliani Nurani Sujiono, dkk. 2020. Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan
Copyright (c) 2024 arip widodo arip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.