FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 104 SELUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar IPS yang di alami siswa serta faktor internal dan eksternal dalam kesulitan belajar IPS siswa di Kelas IV SDN 104 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa selain dari faktor eksternal dan internal yaitu, Faktor kesulitan belajar terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang muncul dari dalam diri siswa disebut faktor internal, sebab siswa mengalami kesulitan dalam keberagaman materi keragaman social budaya persebaran sumber daya alam, dan keberagaman suku, agama dan budaya.dan tingkat kecerdasan setiap anak juga berbeda-beda. Sedangkan dari faktor eksternalnya yaitu mengnai proses belajar di kelas,kuangnya media, metode dan alat peraga, sarana dan prasarana di sekolah yang kurang mendukung, interasi antar guru dan siswa yang kurang baik serta kurang terlibatnya peranan orang tua siswa itu sendiri.
References
Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain penelitian kualitatif sastra. UMMPress.
Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97–106.
Atiqoh, Layly. (2017). “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.” Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 11(2): 285–308.
Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu pendidikan. UNY Press.
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kelapa Gading Permai.
Husamah; Pantiwati, Y., dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
Immawati, Nuraisyah, Rivai, Wulandari, T. (2018). Perbedaan metode debat dan ceramah terhadap penguasaan konsep IPS ditinjau dari berpikir kritis siswa. Journal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 5(1). 1-11. Retrieve from http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis. Sage Publisher.
Mulyadi, H. (2010). Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. UNY Press.
Nuha Litera. Nasution. (2011). Kajian pembelajaran IPS di sekolah. Unesa University Press
Susilowati Arum. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 1-13.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. (2005.h.28)
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Trianto. Mendesain Model Pemelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. (2010.h.15)
Copyright (c) 2024 Lenni Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.